Warga Qatar Bentangkan Poster Ozil Lawan Balik Protes Timnas Jerman

Warga Qatar Bentangkan Poster Ozil Lawan Balik Protes Timnas Jerman
Sejumlah warga Qatar tampak membalas aksi protes Timnas Jerman dengan membawa poster Mesut Ozil (Foto: REUTERS)

AL KHOR – Sejumlah warga Qatar tampak membalas aksi protes yang dilakukan Timnas Jerman pada matchday pertama Grup F Piala Dunia 2022. Mereka membalasnya dengan membawa poster Mesut Ozil dan melakukan gestur tutup mulut seperti apa yang dilakukan Der Panzer –julukan Timnas Jerman.

Jerman melakukan gestur menutup mulut saat sesi foto sebelum kick-off melawan Jepang di matchday pertama Grup F pada Rabu (23/11/2022). Tindakan itu dilakukan sebagai bentuk protes mereka terhadap aturan FIFA yang melarang penggunaan ban kapten one love yang menjadi dukungan kepada LGBTQ+.

Ironis, Jerman malah benar-benar dibungkam pada laga tersebut oleh Samurai Biru. Tim Panser secara mengejutkan kalah dari Jepang dengan skor 1-2.

Aksi protes Manuel Neuer dkk pun menimbulkan pro dan kontra. Faktanya, banyak warga Qatar yang tidak suka dengan aksi tersebut. Terbaru, mereka langsung membalasnya dengan membawa poster Ozil dan melakukan gestur serupa.

Hal itu dilakukan warga Qatar dengan mendatangi Stadion Al Bayt, tempat berlangsungnya laga Timnas Jerman kontra Spanyol. Diketahui, sepanjang laga tersebut para warga Qatar terus memajang poster Ozil sembari melakukan gestur tutup mulut.

Tindakan itu dilakukan bukan tanpa alasan. Pasalnya, Ozil merupakan sosok pemain yang punya andil besar dalam kesuksesan Der Panzer saat menjuarai Piala Dunia 2014. Namun, dia memilih pensiun pada 2018 karena mendapat perlakuan rasis dari Federasi Sepak Bola Jerman (DFB) sampai kalangan masyarakat Jerman.

Dia mendapatkan perlakuan tersebut ketika melakukan pertemuan dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan sebelum Piala Dunia 2018 dimulai. Karena hal tersebut, dia kerap mendapat kritikan. Namun faktor utamanya lantaran Ozil memiliki darah keturunan Turki dan kerap mendapat perlakuan rasis serta diskriminatif.

Maka dari itulah warga Qatar membalas aksi protes Timnas Jerman. Mereka berpandangan bahwa DFB memiliki standar ganda tentang pemahaman rasialis. Pasalnya mereka sendiri melakukan rasisme terhadap Ozil.

Terlepas dari aksi tersebut, pertandingan antara Jerman vs Spanyol berakhir imbang dengan skor 1-1. Peluang Der Panzer untuk lolos masih terbuka lebar. Hal itu bisa terwujud jika mereka mencuri poin penuh di matchday ketiga melawan Kosta Rika, sembari berharap laga Jepang dan Spanyol tidak berakhir imbang. (*)

Berita Lainnya

Index