Kemendagri: Korupsi Jadi Permasalahan Besar Bagi Bangsa

Kemendagri: Korupsi Jadi Permasalahan Besar Bagi Bangsa

SEMARANG - Menteri Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Bina Pemerintah Desa Kementerian Dalam Negeri, Eko Prasetyanto Purnomo Putro menyampaikan bahwa korupsi menjadi permasalahan yang besar bagi bangsa Indonesia.

Untuk itu, Eko Prasetyanto mengajak dari desa bersama-sama mewujudkan desa-desa antikorupsi untuk menuju Bangsa Indonesia yang lebih maju, mandiri dan sejahtera.

Hal ini disampaikannya saat memberikan kata sambutan dalam acara peluncuran desa antikorupsi di Desa Banyubiru Kabupaten Semarang Jawa Tengah, Selasa (29/11/22).

"Memang mengelola desa-desa di Indonesia ini tidak mudah jumlahnya cukup banyak, karena itu perlu kebersamaan," katanya.

Direktur Jenderal Bina Pemerintah Desa Kemendagri menerangkan, perlu kebersamaan mulai dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kabupaten/kota, kecamatan bahkan sampai ke tingkat kelurahan dan desa dalam memajukan daerah.

Ia meyakini, jika ada kekompakan dan kolaborasi dari semua pihak, maka tujuan yang dicita-citakan ini akan segera tercapai.

"Perlu upaya kerja keras kita semua bagaimana untuk mengatasi memberantas korupsi ini," sebutnya.

Eko Prasetyanto menerangkan, berbagai upaya telah dilakukan termasuk pencegahan, pendidikan antikorupsi dan lainnya.

"Saya kira desa antikorupsi upaya strategis yang perlu segera kita dukung bersama sampai ke tingkat desa," ujarnya.

Eko Prasetyanto menambahkan, Kemendagri sangat mengapresiasi diluncurkannya desa antikorupsi oleh KPK RI.

Menurut dia, dengan demikian di masa yang akan datang pasti akan terjadi perbaikan-perbaikan pembangunan yang lebih bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

"Dengan launching saat di korupsi ini tentu ada wilayah-wilayah yang perlu menjadi PR bersama. Kita berharap juga akan ada muncul desa-desa yang bisa menjadi percontohan desa antikorupsi," tutupnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index