Lolos 16 Besar Sebagai Juara Grup F, Maroko Cetak Sejarah di Piala Dunia

Lolos 16 Besar Sebagai Juara Grup F, Maroko Cetak Sejarah di Piala Dunia
Maroko vs Kanada (Foto: Reuters)

AL THUMAMA - Timnas Maroko mencatat sejarah apik di Piala Dunia 2022. Mereka berhasil mengamankan tempat di babak 16 besar sebagai juara Grup F di atas Kroasia dan Belgia usai mengalahkan Kanada 2-1.

Laga ketiga Grup F berlangsung di Al Thumama Stadium, Kamis (1/12/2022). Maroko kemudian berhasil merebut kemenangan pada pertandingan penentuan.

Maroko berhasil unggul berkat gol dari Hakim Ziyech pada menit keempat. Mereka lalu menggandakan keunggulan melalui torehan Youssef En-Nesyri pada menit ke-23.

Sementara Kanada sempat membalas melalui gol bunuh diri Yassine Bounou. Namun, Timnas Maroko sukses menjaga keunggulannya dan menjadi pemenang.

Berkat hasil itu, Maroko berhak melaju ke 16 besar. Tidak hanya itu, tim berjuluk Singa Atlas juga menjadi juara grup, menyusul Timnas Kroasia yang hanya imbang lawan Belgia.

Keadaan tersebut membuat Maroko menjadi tim asal Benua Afrika pertama yang menjadi juara grup di Piala Dunia pada abad ini. Tidak hanya itu, ini menjadi kali kedua Maroko menjadi juara grup.

Sebelumnya, Maroko juga pernah menjadi juara grup pada Piala Dunia 1986. Keadaan tersebut membuat Maroko menjadi negara Afrika kedua, yang dapat menjadi juara grup di lebih dari satu edisi Piala Dunia.

Tim asal Afrika lainnya yang pernah melakukannya adalah Nigeria. Mereka berhasil menjadi juara grup di Piala Dunia 1994 dan 1998 silam. (*)

Berita Lainnya

Index