UIR Raih Penghargaan Anugerah Kerja Sama Diktiristek 2022

UIR Raih Penghargaan Anugerah Kerja Sama Diktiristek 2022

PEKANBARU - Universitas Islam Riau (UIR) kembali mencetak prestasi di tingkat nasional, yaitu dengan meraih penghargaan Anugerah Kerja Sama Diktiristek 2022 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbud Ristek) melalui Surat Nomor 7532/E1/HM.01.00/2022.

Dalam hal ini, UIR berhasil meraih penghargaan pada kategori Perguruan Tinggi dengan kerja sama internasional terbaik. Penghargaan ini diterima bersamaan dengan 74 Perguruan Tinggi lainnya baik Swasta maupun Negeri dari seluruh Indonesia.

Adapun kategori penghargaan yang diberikan oleh Ditjen Dikti Ristek kepada PT diantaranya Anugrah Kerjasama, Humas, Pangkalan Data Pendidikan Tinggi, Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sumber Daya, Kelembagaan, Riset, dan Teknologi.

Kemudian, Anugerah Pengabdian Masyarakat serta Jurnalis dan Media yang merupakan apresiasi kepada para pemangku kepentingan yang telah berhasil meraih pencapaian tertinggi dan berkontribusi dalam mendukung implementasi transformasi pendidikan tinggi yang meliputi MBKM, Indikator Kinerja Utama (IKU) Perguruan Tinggi, dan Matching Fund.

Dr Rendi Prayuda SIP MSi selaku Kepala Kantor Urusan Internasional dan Kerja sama (KUI&K) UIR mengatakan, berhasilnya UIR dalam raihan Anugrah Kerjasama dalam kategori Manajemen Tata Kelola Kerjasama Internasional tentu melalui beberapa tahapan serta penilaian mulai dari tingkat LLDIKTI Wilayah X hingga Kementerian pusat.

"Dengan melihat percepatan kerja sama internasional yang kita laksanakan dalam satu semester terakhir dirasa baik oleh LLDIKTI Wilayah X maka UIR bersama satu PT lainnya di usulkan ke kementerian pendidikan pusat pada Agustus lalu, adapun dokumen yang kita persiapkan iyalah berupa proposal pelaksanaan kerjasama internasional UIR selama satu semester mulai dari Januari hingga Juli 2022," ujar Rendi, Jumat (2/12/2022).

Kendati demikian Rendi mengungkapkan UIR tentu tidak berpuas diri. UIR kan terus meningkatkan kinerja terutama dalam kerjasama internasional sebagai perwujudan visi UIR Unggul 2041 menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa.

“UIR tentu menjadi semakin termotivasi untuk terus meningkatkan kinerja terutama pada bidang kerja sama internasional serta mempertahankannya agar tata kelola kerja sama internasional ini terus berkembang. Ke depannya pada tahun depan kita mencoba menjalin kerja sama dengan Erasmus Mundus Leaders merupakan salah satu program beasiswa dari negara-negara Eropa," ungkapnya.

Selanjutnya, selain mengembangkan sayap kerja sama dengan negara-negara Eropa di tahun depan UIR juga akan mengembangkan sayap kerja sama ke Amerika dengan salah satu universitas di negara bagian Virgia yang saat ini sudah memasuki tahapan penjajakan kerja sama. (mcr)

Berita Lainnya

Index