Gelar Pendidikan Pemilih Pemula, Mardianto Manan Diserbu Pertanyaan Siswa

Gelar Pendidikan Pemilih Pemula, Mardianto Manan Diserbu Pertanyaan Siswa

PEKANBARU - Siapa sangka puluhan siswa yang diundang untuk mengikuti pendidikan bagi pemilih pemula, justru berlangsung antuasias. Kegiatan yang menghadirkan salah satu pembicaranya Dr. Mardianto Manan, MT yang juga anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau, mendapatkan respon berbagai pertanyaan dari para siswa.

Dikatakan Mardianto, dirinya justru tidak menyangka, siswa yang harusnya berjibaku dalam materi matematika, IPA, ternyata juga tidak membuat mereka lupa untuk melek politik, bahkan siap menjadi pemilih aktif di pemilu 2024, dalam agenda sosialisasi pendidikan politik bagi calon pemilih pemula.

"Kegiatan pelatihan tadi sungguh luar biasa, saya sampai sulit bernafas, menjawab pertanyaan siswa tadi. Antusias mereka terhadap aturan memilih pemimpin masa depan, jelas menunjukkan mereka masih peduli akan nasib bangsa," ucap Mardianto anggota DPRD Riau Dapil Inhu-Kuansing, Selasa (13/12) di salah satu hotel di Pekanbaru.

Kegiatan yang digelar untuk siswa-siswi pilihan dari beberapa sekolah di Kota Pekanbaru ini, adalah upaya Pemerintah Provinsi Riau untuk terus mendorong pemilih pemula yang edukatif.

Dikatakan Mardianto, DPRD Riau melalui Badan Kesbangpol Provinsi Riau, ingin terus mendorong peningkatan Indeks Demokrasi Provinsi Riau.

"Saya berharap, kegiatan-kegiatan ini, terus dilaksanakan, baik kerjasama antara Kesbangpol Kabupaten/kota bersama KPU, karena pemilih pemula inilah yang akan meneruskan estafet kepemimpinan bangsa dan daerah kedepan," ucap Mardianto.

Turut hadir Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir, SH, MH, Kaban Kesbangpol Jendri Salmon Ginting, MSi, dan sejumlah undangan.

Mardianto juga menuturkan rasa apresiasinya kepada siswa yang hadir.

"Mereka sangat cerdas, banyak rasa ingin tahu yang cukup besar terhadap proses politik jelang pemilu serentak 2024. Seperti bagaimana kalau pindah memilih, apa peran partai bagi pemilih pemula atau saat ini dikenal sebagai kalanga milenial. Belum lagi ada yang bertanya, kenapa TNI-Polri tidak boleh memilih," ucap anggota DPRD Riau dari fraksi PAN ini.

Atas respon yang tinggi ini, Mardianto pun memberikan hadiah, kepada siswa siswi yang bertanya selama kegiatan sosialisasi berlangsung.

"Apresiasi saya, tadi beberapa penanya yang kreatif, saya berikan hadiah, buku karangan saya, agar mereka juga terus berprestasi dan berkarya. Harapan saya, kegiatan pendidikan pemilih pemula tida hanya berhenti pada kegiatan sosialisasi. Kedepan jika memungkinkan, kita berharap ada kelas untuk pemilih pemula, dan itu bisa dikawal bersama sama, Partai Politik, KPU dan Kesbangpol Provinsi Riau," ucap Mardianto. (*)

Berita Lainnya

Index