Perjalanan Karier Cristiano Ronaldo, dari Kampung Halaman di Portugal Hingga Timur Tengah

Perjalanan Karier Cristiano Ronaldo, dari Kampung Halaman di Portugal Hingga Timur Tengah
Cristiano Ronaldo kembali cetak gol untuk Manchester United (Foto: REUTERS)

CRISTIANO Ronaldo akhirnya pergi merantau jauh ke Timur Tengah. Secara resmi, peraih lima kali penghargaan Ballon d'Or itu dikontrak oleh klub Arab Saudi Al Nassr FC hari ini, Sabtu (31/12/2022).

Durasi kontrak yang disepakati Ronaldo itu akan habis pada 2025 mendatang. Al Nassr tampaknya akan menjadi klub terakhir sebagai penutup masa karier Ronaldo sebelum pensiun.

Mengingat usia kapten Timnas Portugal itu sudah memasuki yang ke-37 tahun. Lantas seperti apa perjalanan karier Cristiano Ronaldo di dunia sepak bola? Berikut uraiannya.

Seperti diketahui, Ronaldo memulai karier sepak bolanya sejak usia muda. Dia mulai terjun bersama Andorinha, klub yang berbasis di Santo António, Funchal, Pulau Madeira, Portugal pada 1992.

Saat itu usianya masih menginjak tujuh tahun. Tiga tahun setelahnya, Ronaldo pindah ke klub Nacional di usianya yang ke-10 sebelum akhirnya memutuskan bergabung dengan Sporting CP pada 1997.

Ronaldo mulai terasah bersama klub yang berbasis di Lisbon, Portugal, itu. Dia pun naik ke tim utama klub yang juga dikenal dengan nama Sporting Lisbon itu pada 2002.

Striker yang saat itu berusia 17 tahun mampu menyumbang lima gol dan enam assist dari 31 penampilannya. Bakatnya ternyata mendapat perhatian dari Manchester United.

Selang setahun setelahnya, Ronaldo pun diboyong Iblis Merah di usianya yang masih 18 tahun. Namanya terus melangit seiring dengan penampilannya yang apik bersama Man United. Seiring dengan itu, dia juga masuk dalam panggilan Timnas Portugal yang debut pada 20 Agustus 2003.

Dia pun dinobatkan sebagai pemain terbaik UEFA di Eropa pada 2008. Ronaldo juga membantu Manchester United menorehkan sejumlah prestasi di antaranya juara Liga Champions musim 2007-2008.

Ronaldo kemudian melanjutkan kiprahnya ke Spanyol bergabung dengan Real Madrid pada 2009 lalu. Setelah mencatatkan 450 gol dan 131 assist dari 438 capsnya, Ronaldo pun pindah ke Juventus pada 2018.

Terakhir Ronaldo kembali ke klub lamannya, Man United. Namun hubungannya dengan Iblis Merah tidak berjalan baik belakangan ini. Man United bahkan melepas sang maestro tersebut. (*)

Berita Lainnya

Index