Pelatih Filipina Yakin Timnas Indonesia Kesulitan dengan Rumput Sintetis

Pelatih Filipina Yakin Timnas Indonesia Kesulitan dengan Rumput Sintetis
Pelatih Timnas Filipina, Josep Ferre, memberi selamat kepada anak asuhnya (Foto: Instagram/@phifootballfederation)

MANILA - Pelatih Timnas Filipina, Josep Ferre, yakin rumput sintetis akan menyulitkan Timnas Indonesia di laga terakhir Grup A Piala AFF 2022. Sebab, pantulan dan kecepatan bola akan berbeda jika dimainkan di atas rumput sintetis.

Seperti diketahui, Filipina akan menghadapi Indonesia pada matchday empat Grup A Piala AFF 2022. Laga Timnas Filipina vs Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 itu, akan dilangsungkan di Stadion Rizal Memorial, Manila, Senin (2/1/2023) pukul 19.30 WIB.

Stadion Rizal Memorial diketahui menggunakan rumput sintetis. Di sisi lain, tidak ada tim Liga 1 yang bermarkas di stadion yang memakai rumput buatan itu. Jelas saja, para pemain Timnas Indonesia tidak terbiasa bermain di lapangan tersebut.

Hal itu bisa menjadi kerugian bagi skuad Garuda. Ferre pun mengamini hal tersebut. Menurutnya, bermain sepak bola di lapangan sintetis amat sulit bagi yang belum terbiasa.

Pemain Timnas Filipina biasa bermain di rumput sintetis (Foto: Instagram/@phifootballfederation)

 

"Tentu saja kami harus menggunakan lapangan ini. Pemain kami biasa bermain di sini. Lapangan ini bisa sangat berbeda bagi mereka (Indonesia) karena pantulan bola, dan kecepatan bola juga berbeda," kata Ferre dalam konferensi pers, Senin (2/1/2023).

Keuntungan jenis lapangan akan dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh The Azkals. Pelatih asal Spanyol itu menganggap tekstur lapangan sintetis akan membuat performa tim lawan terganggu.

"Itu sesuatu yang sedikit membantu kami dan kami harus mengambil keuntungan dari situ. Jadi tergantung pula tim mana yang dihadapi di kandang dan tandang," urai Ferre.

"Banyak faktor yang memengaruhi performa dan lain-lain. Kami menghadapi tim kuat seperti Indonesia kami harus menunjukkan yang terbaik," pungkasnya. (*)

Berita Lainnya

Index