Nilai Investasi SPAM Durolis di Kabupaten Rokan Hilir Riau Mencapai Rp396,6 M

Nilai Investasi SPAM Durolis di Kabupaten Rokan Hilir Riau Mencapai Rp396,6 M
Presiden Joko Widodo meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Durolis (Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis) pada Kamis, 5 Januari 2023. Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden.

PEKANBARU - Presiden Joko Widodo meresmikan sistem penyediaan air minum (SPAM) regional Durolis (Dumai-Rokan Hilir-Bengkalis) pada Kamis, (5/1/2023). Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa SPAM yang terletak di Kabupaten Rokan Hilir ini nantinya dapat menyuplai air minum dengan kualitas baik ke tiga kabupaten/kota di Riau.

“Nantinya suplai dari SPAM di Rokan Hilir ini yang akan bisa menyediakan air minum dengan kualitas yang baik bagi 32 ribu rumah tangga di Dumai, di Rokan Hilir, dan di Bengkalis,” ujar Presiden.

Presiden menjelaskan, SPAM Durolis ini dibangun di atas lahan Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir dengan nilai investasi mencapai Rp396,6 miliar.

SPAM yang dibangun pada tahun 2017 ini bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan air minum masyarakat sebanyak 160 ribu jiwa di tiga kabupaten/kota di Provinsi Riau.

“Uang yang tidak sedikit yang dikeluarkan Kementerian PUPR dan tanahnya disediakan 5 hektare oleh Kabupaten Rokan Hilir,” lanjutnya.

Meskipun dalam tahap pengembangan pertama kapasitas air SPAM Durolis masih 400 liter per detik dari rencana 1.500 liter per detik, Presiden berharap nantinya SPAM Durolis dapat menyalurkan lebih banyak air minum ke rumah tangga.

“Kita harapkan ini masih memiliki space ruang yang masih banyak yang nanti bisa disalurkan ke lebih banyak lagi air minum ke rumah tangga-rumah tangga yang ada di sini,” imbuhnya.

Untuk itu, Presiden mendorong agar pengembangan SPAM Durolis dapat terus ditindaklanjuti dan diselesaikan. Kepala Negara pun berharap adanya SPAM Durolis dapat memenuhi kebutuhan air minum dan menyejahterakan masyarakat.

“Semoga ini menjadi penyediaan air minum dengan kualitas yang baik bagi Rokan Hilir, Bengkalis, dan Dumai yang akan menyehatkan, menyejahterahkan masyarakat kita,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan ini, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Riau Syamsuar, Ketua DPRD Riau Yulisman, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong, Bupati Bengkalis Kasmarni, dan Wali Kota Dumai Paisal. (mcr)

Berita Lainnya

Index