Indra Sjafri Wajib Putar Otak, Hanya 7 Pemain Timnas Indonesia Senior yang Bisa Main di SEA Games 2023

Indra Sjafri Wajib Putar Otak, Hanya 7 Pemain Timnas Indonesia Senior yang Bisa Main di SEA Games 2023
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri (Foto: MPI/Aldhi Chandra Setiawan)

JAKARTA – Pelatih Indra Sjafri mesti memutar otak untuk memilih pemain Timnas Indonesia U-23 yang akan tampil di SEA Games 2023. Pasalnya, hanya tujuh pemain timnas senior yang bisa bermain di ajang multievent bergengsi tersebut.

Baru-baru ini, PSSI menunjuk Indra Sjafri untuk memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2023. Dia diplot menggantikan Shin Tae-yong yang tidak dapat memimpin Timnas Indonesia U-23 di ajang tersebut.

Pasalnya, Coach Shin tengah fokus menangani Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Jadwal SEA Games 2023 Kamboja diketahui bentrok dengan gelaran Piala Dunia U-20 2023. SEA Games 2023 rencananya digelar di Kamboja, mulai 5-17 Mei mendatang.

Penunjukan Coach Indra cukup mengejutkan publik Tanah Air. Namun, pemilihan Coach Indra memimpin kembali Timnas Indonesia U-23 dapat dipahami, mengingat sang pelatih memiliki rekam jejak yang bagus ketika memimpin timnas kelompok umur.

Indra Sjafri tampaknya perlu memutar otak untuk memilih pemain yang cocok masuk ke skuadnya. Terlebih lagi, hanya tujuh pemain Timnas Indonesia senior yang bisa dibawa ke SEA Games 2023. Ajang tersebut membatasi pemain yang tampil hanya kelahiran tahun 2000 dan setelahnya.

Lima pemain yang kemungkinan besar bisa membela Timnas Indonesia U-23 jika mendapatkan panggilan adalah Egy Maulana Vikri, Muhammad Riyandi, Ramadhan Sananta, Rizky Ridho, dan Witan Sulaeman. Mereka tengah bermain di Liga 1 2022-2023.

Sementara itu, dua pemain lain diragukan tampil di SEA Games 2023 meski nantinya mendapatkan panggilan. Kedua pemain yang dimaksud adalah Pratama Arhan dan Marselino Ferdinan. Keduanya tengah berkarier di luar negeri.

Arhan sedang memperkuat klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy. Sementara itu, Marselino baru saja bergabung dengan klub Liga 2 Belgia, KMSK Deinze. Keduanya mungkin tidak akan diizinkan klubnya tampil di SEA Games jika dipanggil nanti. Pasalnya, ajang multievent tersebut tidak masuk ke kalender FIFA.

Berikut pemain Timnas Indonesia senior yang bisa bermain di SEA Games 2023 :

1. Egy Maulana Vikri
2. Marselino Ferdinan
3. Muhammad Riyandi
4. Pratama Arhan
5. Ramadhan Sananta
6. Rizky Ridho
7. Witan Sulaeman

Berita Lainnya

Index