Respon Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-20 Tersingkir dari Piala Asia U-20 2023

Respon Shin Tae-yong Usai Timnas Indonesia U-20 Tersingkir dari Piala Asia U-20 2023
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

FERGANA -  Timnas Indonesia U-20 tersisih dari Piala Asia U-20 2023 dengan hanya berbicara sampai babak grup. Terdapat empat poin respon sang pelatih Shin Tae-yong yang menarik untuk disimak.

Timnas Indonesia U-20 tersingkir dari Piala Asia U-20 2023 usai hanya mampu finis di peringkat ketiga klasemen Grup A. Hasil itu didapat usai Garuda Nusantara ditahan imbang Uzbekistan U-20 di Istiqlol Stadium, Fergana, Selasa 7 Maret 2023.

Timnas Indonesia U-20 finis dengan perolehan empat poin, hasil satu kali kalah, satu kali menang dan satu kali imbang. Sejatinya, jumlah poin mereka sama dengan Irak U-20, namun sayang kalah head-to-head dan selisih gol.

Seperti biasa, usai laga, digelar lebih dulu sesi konferensi pers pascalaga. Berikut adalah empat poin yang disampaikan Shin Tae-yong pada sesi konferensi pers tersebut.

4. Selamat Untuk Uzbekistan, Semoga Sukses!

Secara sportif, Shin Tae-yong mengucapkan selamat kepada Uzbekistan U-20 lantaran berhasil lolos ke perempat final Piala Asia U-20 2023. Sebab Uzbekistan U-20 mampu menjadi tuan rumah yang sangar, dengan melakoni tiga laga babak grup tanpa terkalahkan.

Shin Tae-yong pun berharap Uzbekistan U-20 sukses di Piala Asia U-20 kali ini. Pelatih asal Korea Selatan itu berharap tuan rumah bisa melaju jauh di turnamen ini.

“Ya di laga ini, kami main baik lawan tuan rumah, meski kami tidak bisa membawa semua pemain kunci kami di ajang ini. Selamat bagi uzbekistan yang lolos ke perempat final, semoga mereka sukses di ajang ini,” kata Shin Tae-yong, Selasa (7/3/2023).

3. Puji Lini Pertahanan, Tapi Singgung Skuad Pincang

Shin Tae-yong memuji lini pertahanan Timnas Indonesia U-20 yang berhasil mencatat cleansheet di dua laga terakhir. Namun menariknya, dia lagi-lagi menyinggung skuad Timnas Indonesia U-20 yang pincang di Piala Asia U-20 2023.

“Soal kualitas tim, kredit perlu diberikan kepada para pemain kami yang sukses mengakhiri laga lawan Uzbekistan ini dengan tidak kebobolan,” ujar Shin Tae-yong.

“Semestinya kami bisa membawa para pemain terbaik kami di ajang ini, namun mereka tidak ada di sini sekarang, namun kredit perlu diberikan kepada para pemain yang sudah berjuang di ajang ini. Mereka bagus,” jelasnya.

Shin Tae-yong mengaku sudah memaksimalkan kemampuan pemain yang tersedia sebaik mungkin. Terlebih Timnas Indonesia U-20 juga tidak diperkuat Zanadin Fariz yang mengalami cedera.

“Ya memang kami tidak bisa membawa para pemain terbaik kami di ajang ini, ada beberapa pemain yang tidak bisa membela tim, ya kadang sepak bola memang seperti itu,” ucap Shin Tae-yong.

“Banyak kejutan dalam 90 menit. Secara taktik, saya coba meramu tim dengan skuad yang ada secepat mungkin, terlepas dari segala masalah yang ada,” tambahnya melanjutkan.

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-20 melakoni Piala Asia U-20 2023 tanpa Marselino Ferdinan dan trio naturalisasi, Ivar Jenner, Justin Hubner dan Rafael Struijk. Marselino masih disibukkan dengan agenda pertandingan bersama klub anyarnya di Belgia, KMSK Deinze, sedangkan proses naturalisasi ketiga pemain yang disebut belum rampung.

2. Kalah Postur

Shin Tae-yong menyinggung perbedaan postur pemainnya dengan pemain lawan. Menurutya, postur pemain Uzbekistan U-20 yang tinggi besar cukup menyulitkan penggawa Garuda Nusantara.

“Ya memang secara fisik, pemain Uzbekistan lebih unggul, dan itu jadi kelemahan kami atas mereka. Alhasil, para pemain kami sempat kesulitan untuk menandingi mereka di pertandingan ini,” ujar Shin Tae-yong.

1. Rotasi Skuad

Shin Tae-yong berencana mengubah komposisi pemain di skuad Timnas Indonesia U-20. Itu artinya, terdapat beberapa pemain yang akan dicoret dan harus mengubur mimpi untuk tampil di Piala Dunia U-20 2023.

“Rencana kami ke depan, kami akan beristirahat dulu, dan kami berencana akan melakukan perubahan sedikit di skuad kami, akan ada pergantian pemain di skuad yang saya lakukan,” pungkasnya. (*)

Berita Lainnya

Index