Berbalas Pantun Tiga Negara Serumpun Resmi Digelar

Berbalas Pantun Tiga Negara Serumpun Resmi Digelar
Asisten I Setdaprov Riau dalam acara pembukaan berbalas pantun tiga negara serumpun.

PEKANBARU - Asisten I Setdaprov Riau, Masrul Kasmy resmi membuka kegiatan berbalas pantun tiga negara yang dipusatkan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR), Rabu (8/3/2023).

Kegiatan yang dihelat oleh Radio Republik Indonesia (RRI) ini merupakan produksi bersama Program Pantun Tiga Negara Serumpun, yakni RRI, Radio Televisi Malaysia, dan Radio Televisi Brunei Darussalam.

Dalam kegiatan tersebut, akan ditampilkan berbalas pantun antara tiga negara dengan tujuan agar kelestarian budaya berpantun tetap terjaga dan dikembangkan.

"Kegiatan berbalas pantun ini sebagai upaya melestarikan budaya Melayu. Kegiatan seperti ini dimaksudkan untuk membangun solidaritas, ikatan kekerabatan dan melestarikan budaya Melayu, karena komunitas negara ASEAN mayoritas Melayu," jelas Masrul Kasmy.

Masrul Kasmy berharap kegiatan program pantun serumpun terus berlanjut, sebab menurutnya itu sangat bermanfaat bagi khazanah Melayu yang berasaskan Islam.

Sementara itu, Direktur Program dan Produksi RRI, Mistam menyebut bahwa RRI diberi tugas oleh negara satu diantaranya  mengedukasi. Disamping memberikan hiburan dan edukasi kepada masyarakat, Mistam juga mengatakan bahwa RRI  memberikan upaya dalam mempertahankan budaya, termasuk budaya di Riau yakni berpantun.

"Kami (RRI) tidak hanya sebatas melestarikan saja, tapi bagaimana mengembangkan budaya," pungkasnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index