Panglima TNI Lepas 120 Prajurit Pasukan Perdamaian ke Lebanon

Panglima TNI Lepas 120 Prajurit Pasukan Perdamaian ke Lebanon

JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto melepas 120 prajurit pasukan perdamaian PBB yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Kontingen Garuda (Konga) MTF XXVIII-O/United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL) TA 2023, pada Senin (11/12/2023).

Prajurit yang terdiri dari 32 perwira, 51 bintara, dan 20 tamtama itu diberangkatkan dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Jakarta Utara.

Kepada para prajurit, Panglima Agus mengatakan bahwa tugas sebagai pasukan perdamaian PBB bukanlah sesuatu yang asing bagi Indonesia.

“Hal itu bukan karena kontinuitas penugasan yang sering dipercayakan dunia kepada kita. Akan tetapi terlebih karena landasan moral dan filosofis, serta doktrin pertahanan dan perjuangan bangsa Indonesia yang memang cinta damai dan mencintai kemerdekaan,” kata Agus, dikutip dari siaran pers Pusat Penerangan (Puspen) TNI, Selasa (12/12/2023).

 

Agus juga mengingatkan situasi global saat ini, khususnya konflik Israel dan Palestina yang akan mempengaruhi stabilitas keamanan di perairan Lebanon, baik secara langsung maupun tidak.

Oleh karena itu, Panglima TNI meminta kewaspadaan maksimal dan kesiapsiagaan tinggi dari semua unsur satgas.

“Eskalasi ketegangan militer di sekitar laut Mediterania terkait dengan adanya kehadiran kapal perang negara lain akan menjadi salah satu tantangan yang harus dapat diatasi secara profesional sesuai dengan prinsip-prinsip pelaksanaan operasi perdamaian dunia,” tutur Agus.

Selain itu, lanjut Agus, potensi bahaya asimetris di laut seperti pembajakan dan perompakan, yang setiap saat dapat memicu instabilitas perdamaian antara Lebanon dan Israel, perlu menjadi perhatian dari Satgas MTF KongaXXVIII-O/UNIFIL.

Turut dilibatkan non-ABK 16 prajurit terdiri dari 4 Perwira Penerbang (Pilot dan Copilot), 1 Flight Engineers, 4 Air Crew, 1 Perwira Kesehatan, 1 Perwira Intelijen, 1 Perwira Psikologi, 1 Perwira Penerangan, 1 Perwira Hukum, 1 Bintara Kopaska, dan 1 Bintara Penyelam.

Para prajurit itu diberangkatkan menggunakan KRI Diponegoro (DPN)-365, menggantikan KRI Frans Kaisiepo-368 yang sebelumnya tergabung dalam MTF TNI Konga XXVIII-N/UNIFIL. (*)

Berita Lainnya

Index