Wasit Lazio Vs Milan Diskors Sebulan, Mulai Lagi di Serie B atau VAR

Wasit Lazio Vs Milan Diskors Sebulan, Mulai Lagi di Serie B atau VAR
AC Milan menang 1-0 kontra Lazio dalam lanjutan laga Italia yang berlangsung panas nan dramatis di Stadion Olimpico, Roma, pada Sabtu (1/3/2024) dini hari WIB.(AFP/ALBERTO PIZZOLI)

JAKARTA - Asosiasi Wasit Italia (AIA) menjatuhkan skorsing satu bulan bagi wasit Marco Di Bello setelah kinerjanya pada laga lanjutan Liga Italia, Lazio vs Milan, pada Sabtu (2/3/2024) dini hari WIB.

Laga Lazio vs Milan berlangsung dengan tensi tinggi dan diwarnai oleh tiga kartu merah wasit Marco Di Bello kepada Luca Pellegrini (pada menit ke-57) dan Adam Marusic serta Matteo Guendouzi pada injury time babak kedua.

Hasil Lazio vs Milan ditentukan oleh gol tunggal pemain pengganti Noah Okafor pada menit ke-88 partai Serie A di Stadion Olimpico tersebut.

Di Bello kini ditepikan sejenak oleh kepala AIA, Gianluca Rocchi, terkait manajemen disiplin pemain yang ia tunjukkan sehingga laga lepas dari kendalinya pada menit-menit akhir laga.

Namun, asosiasi wasit Italia mengutarakan persetujuan mereka terhadap salah satu insiden besar laga di mana wasit Di Bello tak memberikan Lazio penalti setelah kiper Milan, Mike Maignan, menabrak Valentin Castellanos dari Lazio.

Perhatian-perhatian utama AIA dikatakan tertuju pertama kepada insiden Pellegrini dan Christian Pulisic.

Pellegrini mendapat kartu kuning kedua dalam sebuah insiden di pinggir lapangan ketika dirinya hendak menendang bola keluar setelah Castellanos terjatuh dengan cedera kepala setelah tabrakan.

Namun, bola diserobot Pulisic sehingga Pellegrini bereaksi dengan menarik bajunya sampai terjatuh.

AIA menilai, kartu kuning kedua tak terhindarkan pada kejadian tersebut.

Namun, mereka ingin wasit Di Bello lebih tegas dalam menghentikan laga setelah cedera kepala yang menimpa pemain Lazio tersebut.

Kemudian, wasit dianggap kehilangan kontrol pertandingan ketika memberikan hingga 11 kartu kuning dan mengurangi Lazio jadi delapan pemain dengan kartu merah yang diberikan kepada Marusic dan Guendouzi pada fase penutup laga.

Sorotan datang kepada kartu merah langsung kepada Guendouzi yang bereaksi setelah bajunya ditarik Pulisic saat gelandang asal Perancis itu hendak melakukan serangan balik.

Reaksi Guendouzi tidak profesional tetapi AIA menganggap eks Arsenal itu tidak beringas dalam protesnya dan wasit seharusnya melihat situasi laga di mana Lazio telah menerima dua kartu merah.

Di Bello kini punya waktu untuk beristirahat setidaknya untuk tiga pekan laga dan, seperti kasus-kasus lain dalam situasi ini, dirinya akan memulai lagi dari Serie B atau dari ruang VAR.

Ini adalah kedua kalinya wasit Di Bello menjalani skorsing musim ini. Sebelumnya, ia juga diistirahatkan setelah laga Juventus vs Bologna pada pekan kedua Serie A di mana dia tidak memberikan penalti seusai Samuel Iling Junior melanggar Dan Ndoye. (*)

Berita Lainnya

Index