Daftar Lengkap Tim Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Indonesia hadapi Uzbekistan

Daftar Lengkap Tim Lolos Semifinal Piala Asia U-23, Indonesia hadapi Uzbekistan
Foto: Timnas Indonesia U-23. (Dok: PSSI)

JAKARTA - Empat peserta semifinal Piala Asia U-23 2024 sudah lengkap. Indonesia akan menghadapi Uzbekistan yang merupakan juara turnamen tersebut pada 2018.

Ke empat peserta semifinal Piala Asia U-23 adalah Indonesia, Jepang, Irak, dan Uzbekistan. Dari empat tim, Indonesia menjadi tim satu-satunya yang paling minim pengalaman.

Selain baru pertama kali debut di Piala Asia U-23 pada tahun ini, Indonesia juga menjadi satu-satunya tim yang belum pernah merengkuh gelar juara di ajang dua tahunan ini.

Sejak Piala Asia U-23 digelar pada 2013, Indonesia selalu gagal di babak kualifikasi. Sebaliknya, tim-tim seperti Uzbekistan, Jepang, dan Irak adalah langganan turnamen.

Uzbekistan, Irak dan Jepang selalu lolos ke putaran final ajang Piala Asia U-23 yakni enam kali.

Berikut profil empat tim yang lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024 dan perjalanannya di ajang tersebut tahun ini :

1. Indonesia

Indonesia merupakan debutan di Piala Asia U-23 2024. Kendati berstatus debutan, penampilan tim Garuda sangat impresif.

Seperti kisah Cinderella, timnas Indonesia U-23 mampu menyingkirkan raksasa-raksasa. Di antaranya adalah Australia di babak penyisihan grup A serta raksasa Asia lainya yakni Korea Selatan di semifinal.

 

Di babak penyisihan grup, Indonesia menjadi runner up di bawah Qatar. Tim asuhan Shin Tae Yong lolos ke babak perempatfinal dengan mengumpulkan enam poin dari hasil dua kali menang melawan Yordania dan Australia.

Di babak perempatfinal, Indonesia mengalahkan Korea Selatan melalui adu penalti 10-11 setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Selama turnamen atau hingga perempatfinal, Indonesia sudah mencetak tujuh gol dan kemasukan lima gol.

2. Jepang

Jepang menjadi runner up grup B di bawah Korea Selatan. Jepang mengalahkan China dan Uni Emirat Arab untuk maju ke perempatfinal.

Di perempatfinal, tim Samurai mengalahkan tuan rumah Qatar dengan skor 4-2 melalui perpanjangan waktu karena pertandingan waktu normal berakhir 2-2.

Jepang selalu lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2024 selama enam kali edisi atau sejak turnamen ini digelar. Prestasi terbaik Jepang adalah menjadi juara pada gelaran 2016 di Qatar.

3. Irak

Irak tergabung di grup C saat penyisihan grup dan maju ke babak gugur sebagai juara grup dengan nilai enam dari hasil dua kali menang dan sekali kalah.

Di perempatfinal, Irak mengalahkan raksasa Asia Tenggara Vietnam dengan skor 1-0.

Irak sudah enam kali mengikuti ajang Piala Asia U-23 dan menjadi juara pertama dari ajang ini pada 2013. Saat itu, Iraq mengalahkan Arab Saudi dengan skor 1-0.

4. Uzbekistan

Uzbekistan adalah raksasa di ajang Piala Asia U-23. Tim berjuluk Serigala Putih ini selalu lolos ke ajang tersebut sejak 2013 atau sudah ikut selama enam kali turnamen.

Di babak penyisihan grup D, Uzbekistan tampil tanpa cacat dengan yakni menang di tiga pertandingan tanpa kebobolan. Uzbekistan menjadi juara grup di atas Vietnam, Kuwait, dan Malaysia.

Di perempatfinal, Uzbekistan mengalahkan Arab Saudi dengan skor 2-0.

Uzbekistan sudah mengikuti ajang Piala Asia U-23 sebanyak enam kali dan masuk final sebanyak dua kali. Prestasi terbaik Uzbekistan adalah menjadi juara Piala Asia U-23 pada 2018.

Babak semifinal akan digelar pada Senin (29/4/2024) di Stadion Jassim bin Hamad. Indonesia akan menghadapi raksasa Uzbekistan sementara Irak akan berhadapan dengan Jepang.

Partai puncak final akan digelar pada 3 Mei 2024 di Stadion Jassim bin Hamad. (*)

Berita Lainnya

Index