Jawab Permintaan Maaf STY, Suporter Korsel : Kami Mendukung Indonesia ke Olimpiade

Jawab Permintaan Maaf STY, Suporter Korsel : Kami Mendukung Indonesia ke Olimpiade
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong (Foto: PSSI)

JAKARTA - Pelatih Shin Tae-yong sempat meminta maaf kepada publik Korea Selatan setelah menyingkirkan negaranya sendiri dari Piala Asia U-23.

Kekalahan itu juga telah memutuskan rekor Korea Selatan, yang selalu maju 9 kali berturut-turut dari Olimpiade Seoul 1988 hingga Olimpiade Tokyo 2020.

"Saya pikir jika Korea berhasil melaju ke Olimpiade untuk ke-10 kalinya berturut-turut, itu akan menjadi rekor yang sangat sulit dipecahkan di dunia. Namun nyatanya Saya sendiri yang menghentikan rekor tersebut. Saya benar-benar minta maaf kepada rakyat Korea Selatan. Saya sangat bersedih telah menghentikan rekor tersebut." Terang Shin Tae-yong selepas pertandingan.

"Saya sangat senang dan bahagia atas kemenangan Indonesia, namun di sisi lain, sejujurnya ini juga sangat menyedihkan dan sulit bagi saya disaat bersamaan," jelas Shin Tae-yong.

Setelah memenangkan pertandingan melalui adu penalti yang panjang, STY mendatangi pemain Korea dengan memeluk dan menghibur mereka.

Namun fans Korea tampaknya memahami, dan menanggapinya dengan memberi dukungan positif dari pada kebencian terhadap pelatih Shin Tae-yong.

Dalam video wawancara YouTube MBC News 'Mbig News', mayoritas masyarakat Korea memberi dukungan kepada Indonesia melalui kolom komentar.

"Jangan merasa menyesal Tuan Shin, pertandingan hari ini luar biasa. Saya harap Anda bisa membawa Indonesia ke Olimpiade!.” komentar @jinyeol1985.

"Kami berdiri dan memberikan tepuk tangan meriah kepada timnas muda Indonesia dan guru Shin Tae-yong dengan kepemimpinannya yang luar biasa. Dia telah mengajarkan kita apa itu sportivitas sejati. Kami sangat mendukung sepakbola Indonesia semakin maju di hari mendatang." tulis @jkyoo8330.

"Para pemain Indonesia telah melakukan tugasnya dengan sangat baik. Saya dapat merasakan bahwa Anda telah mengajari mereka dengan baik.. Berjuanglah untuk berkembang setiap hari!!! Kami mendukungmu. Maju Indonesia!!" tulis @oi4pp1gl6z.

"Orang itu adalah Guru Shin Tae-yong! Makhluk ajaib yang mengubah Indonesia! Dia telah menjadi objek penghormatan lebih dari banyak politisi lain di Korea. Selamat. Melihat mereka menghibur pemain entah kenapa membuatku menangis. Semua orang bekerja keras. Saya harap dapat menyaksikan anda dan timnas Indonesia di Paris!!!!" tulis @junghyunjun1012.

"Selamat atas kemenangan Anda Guru! Saya harap Indonesia kembali menang, dan apa pun hasilnya, masyarakat Korea sangat bangga." tulis @cgkim1063. (fb)

Berita Lainnya

Index