Bupati Sukiman Lantik Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Rokan Hulu

Bupati Sukiman Lantik Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Rokan Hulu

ROKAN HULU - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman selaku Ketua Mabicab Rohul melantik sejumlah pengurus Mabicab, Kwarcab, Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwartir Cabang dan Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Rokan Hulu Masa Bakti 2024-2029, di pendopo Rumah Dinas Bupati Rokan Hulu, Kamis (30/5/2024).

Dalam kegiatan ini, H Sukiman pesankan kepada generasi muda khususnya kepada pengurus Pramuka untuk dapat menanamkan cinta tanah air dan saling memberi contoh yang baik di tengah masyarakat.

Hadir dalam kegiatan pelantikan, Sekda Rohul, Muhammad Zaki SSTP MSi, Kalapas Pasir Pengaraian, Bahtiar Sitepu, Kajari Rohul, Fajar Haryowimbuko SH MH, Waka Binawasa Kwarda Riau, H Mahadar 
S.Pd MM serta beberapa perwakilan dari beberapa instansi lainnya.

Bupati Rohul H Sukiman menjelaskan bahwa gerakan kepanduan Praja Muda Karana (Pramuka) adalah sebuah organisasi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan di Indonesia.

"Kami merasa sangat bangga, karena dapat hadir disini untuk menyaksikan pelantikan kepengurusan baru yang akan memimpin gerakan Pramuka Rokan Hulu dalam lima tahun ke depan," kata Sukiman.

Disampaikan Bupati, pramuka merupakan salah satu organisasi yang memiliki peran strategis dalam membina generasi muda, menanamkan nilai-nilai kebangsaan, serta membangun karakter yang tangguh, mandiri dan berintegritas.

"Seiring dengan perkembangan zaman dan tantangan yang semakin kompleks, gerakan pramuka juga harus mampu beradaptasi dan berinovasi. Tidak hanya menjadi wadah pembinaan karakter, tetapi juga menjadi motor penggerak dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan, pendidikan, dan lingkungan hidup," ujarnya.

Kepada pengurus Kwarcab Pramuka Rohul yang baru saja dilantik, Bupati berpesan untuk dapat aktif dan kreatif dalam menyusun program-program yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Berikan kontribusi nyata dari gerakan pramuka yang dapat mendorong percepatan pembangunan daerah, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, maupun ekonomi," pesan Bupati.

Selain daripada itu, kepada Ketua dan pengurus kwartir cabang gerakan pramuka Rokan Hulu yang baru saja dilantik, Sukiman berharap dapat menjadikan diri sebagai contoh yang baik serta memahami sekaligus mewujudkan UUD 1945 di tengah masyarakat.

"Kami percaya, di tangan kalianlah masa depan gerakan pramuka Rokan Hulu akan semakin cerah dan gemilang," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Rohul yang baru dilantik, El Bizri menegaskan bahwa langkah yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini salah satunya memenuhi program program yang telah di susun sesuai dengan Visi dan Misinya yang telah disampaikan saat Mascab beberapa waktu lalu.

Terkait lahan bumi perkemahan, lanjutnya, akan diurus dengan cepat supaya Rokan Hulu jelas memiliki Bumi Perkemahan.

"Kita sudah konsultasi dengan pengurus sebelumnya dimana untuk lahan Bumi Perkemahan sudah ada hanya saja belum sempat di urus dan dimanfaatkan, makanya ini juga menjadi prioritas kita supaya lahan ini bisa dengan cepat dimanfaatkan untuk kegiatan Pramuka," ujar Bizri.

Usai dilantik oleh Bupati Rokan Hulu dilanjutkan dengan pembagian cinderamata oleh Ketua Kwarcab 
Rohul kepada Bupati Rokan Hulu. (mc/ns)

Berita Lainnya

Index