Tahun Ini, Enam Jembatan Bankeu Dilaksanakan di Rohul

Dibaca: 389 kali  Rabu,06 Juni 2018 | 09:27:00 WIB

Tahun Ini, Enam Jembatan Bankeu Dilaksanakan di Rohul
Ket Foto : Kepala Bidang Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Rohul Khoirul Fahmi ST. (mcr)

ROHUL - Geliat pembangunan di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) sudah mulai menampakkan hasil yang optimal, bukan hanya didanai dengan APBD kabupaten, pembangunan di daerah berjuluk Negeri Seribu Suluk itu juga ditopang dari Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Riau tahun 2018.

Untuk tahun ini saja, Kabupaten yang dikenal memiliki Masjid Agung Islamic Center (MAIC) terbesar Nasional itu mendapatkan alokasi dana Bankeu untuk pembangunan jembatan, yakni Jembatan Sungai Batang Lubuh menghubungkan Desa Rambah Hilir-Desa Surau Munai Kecamatan Rambah Hilir.

Jembatan Sungai Batang Lubuh menghubungkan Kecamatan Bangun Purba-Desa Menaming Kecamatan Rambah, Jembatan Sungai Batang Lubuh di Kota Tengah Kecamatan Kepenuhan-Kecamatan Kunto Darussalam.

Lalu, Jembatan Sungai Batang Lubuh Pasir Pangaraian menghubungkan Jalan Diponegoro-Jalan Tuanku Tambusai Kecamatan Rambah, jembatan Sungai Batang Kumu menghubungkan Desa Mahato-Desa Sukadamai Kecamatan Tambusai Utara. Dan Jembatan Sungai Rokan menghubungkan Kecamatan Ujung Batu-Desa Lubuk Bendahara Timur Kecamatan Rokan IV Koto.

Dikonfirmasi wartawan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Rohul Anton ST MT melalui Kepala Bidang Prasarana Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Rohul Khoirul Fahmi ST membenarkan proyek bangunan jembatan yang didanai dari Bankeu Provinsi ini sudah masuk tahap lelang.

"Ada enam jembatan, itu bantuan dari Bankeu Provinsi, saat ini sudah masuk lelang," kata Khoirul, Rabu 6 Juni 2018.

Khoirul menyebutkan, bantuan dana yang digelontorkan provinsi jumlahnya variatif, mulai dari 3 miliar rupiah hingga 12 miliar rupiah per jembatan. Dan untuk tahun ini baru sebatas pembangunan abutmen atau pondasi jembatan.

"Pembangunannya bertahap, untuk tahun ini baru pondasi," sebut Khoirul dan menyebut proyek itu bukan Multiyears. (mcr)

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com