Ketua IDI Riau Lantik Pengurus IDI Cabang Rohil Periode 2018-2021

Dibaca: 572 kali  Kamis,29 November 2018 | 06:05:00 WIB

Ketua IDI Riau Lantik Pengurus IDI Cabang Rohil Periode 2018-2021
Ket Foto : Wabup Rohil H Jamiludin memberikan selamat kepada Ketua IDI Cabang Rohil 2018-2021 dr H Suratmin MKes SpA. foto - amran

ROHIL -  Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Provinsi Riau dr Zul Asdi Spb M Kes, Kamis, 29 November 2018, melantik dan mengukuhkan Ketua dan Pengurus IDI Cabang Kabupaten Rohil periode 2018-2021, bertempat di Gedung Nasional H Misran Rais, Kota Bagansiapiapi.
 
Jabatan sebagai Ketua IDI Cabang Rohil merupakan masa jabatan ke dua yang diamanahkan kepada dr H Suratmin M.Ked SpA. Hadir di pelantikan Ketua dan Pengurus IDI Cabang Rohil, Wabup Rohil H Jamiludin, mewakili Bupati Rohil H Suyatno, Sekda H Surya Arfan, Kepala Bappeda HM Job Kurniawan, dan Forkopimda Rohil.
 
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Provinsi Riau dr Zul Asdi Spb M.Kes, mengatakan tugas dokter makin berat dan banyak hal yang mesti dikerjakan. Apa lagi jika melihat rasio atau perbandingan antara jumlah dokter dengan jumlah penduduk Rohil yang belum seimbang.
 
"Tadi disebutkan penduduk Rohil sekitar 500 ribu jiwa. Jadi kalau perbandingan 1 dokter 2.500 orang, maka masih butuh banyak dokter lagi di Rohil ini," kata Zul Asdi.
 
Penyebaran dokter, kata Zul Asdi, juga belum merata, termasuk di Rohil. Dari 3.600 dokter di Riau, ujar Zul Asdi, 2.000 dokter berada di Pekanbaru. Agar para dokter mau bekerja di daerah terpencil (di desa-desa), menurut Zul Asdi, perlu mendapat perhatian dan insentif yang lebih.
 
"Sudah selayaknya mendapatkan perhatian dan insentif yang lebih, sebab mereka mau kerja di daerah tersebut," ujar Zul.
 
Wabup Rohil H Jamiludin menyampaikan apresiasi atas pengurus IDI Rohil yang lama, dan mengucapkan selamat kepada Ketua dan Pengurus IDI Cabang Rohil  2018-2021 yang baru dilantik. Wabup mengajak IDI Rohil, dan juga IDI Riau bersama-sama menyelesaikan jika ada persoalan.
 
"Mari sama-sama kita bergandeng tangan. Sama-sama kita menyelesaikan persoalan bersama-sama. Kalau perlu, di sini (acara pelantikan) ada IDI Provinsi Riau, mari kita sama-sama kita menyelesaikan jika ada persoalan," ujar Wabup Drs H Jamiludin.
 
Ketua IDI Cabang Rohil dr H Suratmin MKes SpA mengatakan, saat ini ada 165 dokter aktif bertugas di berbagai rumah sakit negeri dan swasta, serta klinik. Suratmin mengatakan di periode ke dua kepengurusan ini, ia bersama pengurus IDI Rohil melanjutkan program kerja Pengurus IDI Cabang Rohil sebelumnya.
 
"Program kerja kita di kepengurusan yang ke dua ini penguatan dari periode pertama. Yakni menguatkan program kesehatan dari hulu ke hilir. Tentunya dengan bekerjasama dengan berbagai lembaga," kata Suratmin.
 
Dicontohkan Suratmin, menguatkan program kesehatan dari hulu ke hilir,  diantaranya meningkatkan kompetensi dokter di desa dan Puskesmas. Pelayanan kesehatan di desa dan di puskesmas ini yang masih kurang terperhatikan.
 
"Peningkatan kompetensi ini perlu dilakukan agar bisa meningkatkan pelayanan kesehatan dan masyarakat tidak perlu telat ke rumah sakit, dokter dokter yang berada di desa-desa itu juga bisa saling konsultasi dengan dokter di rumah sakit," jelas Suratmin. (amran)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com