Pengerjaan Fisik Jembatan Siak IV Hampir Rampung

Pengerjaan Fisik Jembatan Siak IV Hampir Rampung
Pegerjaan fisik Jembatan Siak VI
PEKANBARU - Proyek pembangunan jembatan Siak IV hampir rampung dari berbagai teknis pekerjaan. Bahkan terlihat dari udara, jembatan yang menghubungkan Kecamatan Senapelan dan Rumbai Pesisir Pekanbaru ini terlihat sudah tampak terbentang.
 
"Alhamdulillah, sekarang sudah hampir rampung. Sekarang memang masih tahap finishing. Insha Allah jembatan ini dalam waktu tidak lama lagi sudah bisa digunakan," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, Dadang Eko Purwanto, Kamis 17 Januari 2019.
 
Adapun tahap finishing pekerjaan yang saat ini sedang dikerjakan yakni pemasangan kabel baja terakhir yang berfungsi menahan beban jembatan. Sementara untuk pemasangan main span 00 atau bentang utama terakhir dijadwalkan paling lambat 25 Januari mendatang. Jika pemasangan main span 00 ini sudah terpasang, maka selanjutnya baru dilakukan pengaspalan.
 
"Penutup MS (Main Span) 00 belum terpasang. Dalam rentang tanggal 22 atau 25 Januari nanti dipasang. Sekarang dilakukan pemasangan kabel terakhir. Dalam satu tempat itu ada 55 kabel semua," ungkap Dadang.
 
Diperkirakan, sebelum 9 Februari nanti, semua pekerjaan proyek jembatan Siak IV sudah tuntas. Setelah itu, baru masuk tahap loading tes atau uji beban kekuatan jembatan. Di mana, pihak Kementerian PU sendiri sudah memberikan lampu hijau.
 
"Berdasarkan informasi dari Yunan (Kabid Jalan dan Jembatan) tim dari Kementerian PU sudah memberikan lampu hijau dilakukan uji jembatan. Kalau semua tahapan sudah tuntas, tinggal kita laksanakan saja lagi," papar Dadang. (mcr)

Berita Lainnya

Index