Mahasiswa KKN Diharapkan Beri Manfaat Bagi Masyarakat

Dibaca: 81 kali  Senin,15 Juli 2019 | 09:51:00 WIB

Mahasiswa KKN Diharapkan Beri Manfaat Bagi Masyarakat
Ket Foto : Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim saat memberikan pembekalan kepada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata

MERANTI - Para mahasiswa yang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Kepulauan Meranti diharapkan dapat meninggalkan hal yang bermanfaat di tengah masyarakat sesuai ilmu yang diperoleh dalam perkuliahan.
 
Harapan itu disampaikan Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim saat memberikan pembekalan kepada mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Angkatan XVII, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Hidayah Selatpanjang, Senin (15/7/2019).
 
Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Yayasan STAI Selatpanjang, Syahril, Ketua STAI Selatpanjang, Syukron, Para Dosen dan mahasiswa yang akan melaksanakan KKN.
 
Sebelum memberikan pembekalan, Wabup Said Hasyim membuka secara resmi KKN mahasiswa STAI yang akan melaksanakan KKN di 6 Kecamatan, yakni Kecamatan Merbau, Kecamatan Pulau Merbau, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kecamatan Tebing Tinggi Barat, Kecamatan Rangsang dan Rangsang Pesisir.
 
Dihadapan seluruh mahasiswa KKN, Wakil Bupati mengaku bangga dan senang berada di tengah mahasiswa dan para Dosen STAI Selatpanjang, khususnya pengelola Yayasan yang telah mendukung Pemda dalam upaya mencerdaskan generasi muda Kepulauan Meranti menjadi manusia berguna bagi diri, orang tua, masyarakat, Nusa dan Bangsa.
 
Salah satu yang membuat Wakil Bupati bangga adalah sebanyak 12 orang alumni STAI Nurul Hidayah Selatpanjang lulus Test CPNS Tahun 2019 lalu.
 
"Ini kebanggaan bagi Pemda Kepulauan Meranti, meski sekolah di tempat sederhana, namun alumni STAI Selatpanjang mampu menunjukkan kemampuan luar biasa, itu bukti tenaga pengajar mantap dan keseriusan mahasiswa yang bersemangat untuk belajar," ujar Wabup.
 
Terkait KKN yang akan dilaksanakan, Wakil Bupati berharap kepada mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di tengah masyarakat sehingga mampu memberikan warna dan manfaat.
 
"Dalam KKN, kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat harus mampu memberikan warna dan manfaat bagi masyarakat, aplikasikan semua ilmu yang didapat," pintanya.
 
Dan yang tidak kalah penting menurut Wabup, adalah bagaimana mahasiswa tetap menjaga akhlak dan budi pekerti di kampung orang dengan senantiasa menunjukkan sopan santun serta kejujuran dengan tidak lupa beribadah.
 
"Akhlak mencerminkan kepribadian kita dan dengan akhlak akan memunculkan kreatifitas yang dapat membangun diri dan masyarakat dengan memanfaatkan semua potensi dan sumber daya yang ada," jelas Wabup Said Hasyim.
 
Pada kesempatan itu, Wabup juga menyinggung soal menimba ilmu dibangku kuliah hanyalah sebagai pengantar kesuksesan. Menurutnya, yang menentukan sukses tidaknya seseorang bukan hanya ilmu, yang penting setiap orang harus menjalani hidup dengan semangat mampu melihat kondisi yang terjadi yang disiasati dengan ilmu yang diperoleh.
 
Dicontohkan Wabup Said Hasyim adalah Ketua Yayasan STAI Nurul Hidayah Selatpanjang, Syahril, yang bukan hanya sukses menjadi pengusaha, namun juga mengabdikan dirinya bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
Senada dengan Wakil Bupati, pada kesempatan itu Ketua Yayasan Nurul Hidayah Selatpanjang, Syahril, berharap mahasiswa dapat memberikan manfaat nyata kepada masyarakat di daerah tertentu.
 
"Semoga mahasiswa semua bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan daerah, jangan sampai terpengaruh pada hal yang merusak seperti narkoba dan lainnya," harap Syahril.
 
Disampaikan Ketua STAI Selatpanjang, Syukron, mahasiswa STAI Nurul Hidayah Selatpanjang yang melaksanakan KKN kali ini berjumlah 94 orang.
 
"Kegiatan KKN ini sebagai wujud pengabdian nyata dari mahasiswa kepada masyarakat, sekaligus mengaplikasikan ilmu yang di dapat pada perkuliahan," jelasnya.
 
Syukron berharap kegiatan Kuliah Kerja Nyata kali ini berjalan lancar dan bisa memberikan warna bagi kehidupan masyarakat yang dikunjungi. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com