Tips Anti Boros Liburan Keluarga saat Tahun Baru

Tips Anti Boros Liburan Keluarga saat Tahun Baru
Dua bocah pasang gaya saat berfoto menikmati pemandangan alam perkebunan teh PTPN V di Solok, Sumatera Barat, Minggu 29 Desember 2019
LIBURAN Tahun Baru kerap jadi momen yang ditunggu untuk berkumpul bersama keluarga. Mulai dari sekadar jalan-jalan santai hingga berlibur ke destinasi impian.
 
Tak elak, Anda perlu menyiapkan pengelolaan keuangan yang baik agar liburan Anda bersama keluarga tidak boros. Bagaimana caranya?
 
1. Bikin Prioritas Kebutuhan
 
Anda perlu membuat prioritas pengeluaran saat liburan tahun baru. Mana kebutuhan yang memang harus dipenuhi dan mendesak hingga yang hanya sekadar keinginan.
 
Bila Anda berlibur, pastikan pula Anda telah memiliki destinasi wisata yang akan dikunjungi secara terencana, anggaran transportasi yang diperhitungkan, hingga dana darurat untuk pengeluaran tak terduga.
 
"Mesti direncanakan jauh-jauh hari," ujar Perencana Keuangan dari Finansia Consulting, Eko Indarto, seperti dilansir Kumparan, Minggu 29 Desember 2019.
 
Wisatawan saat berkunjung dan menikmati panorama alam di Istana Pagaruyung di Kecamatan Tanjung Emas, Kota Batusangkar, Sumatera Barat, Minggu 29 Desember 2019
 
2. Batasi Anggaran
 
Penting bagi Anda untuk menyiapkan anggaran khusus saat liburan akhir tahun. Ini berguna agar pengeluaran Anda tak bengkak.
 
Anggaran untuk libur akhir tahun bisa diambil dari dana yang disisihkan khusus tiap bulan di kebutuhan refreshment. Bisa pula, diambil dari bonus akhir tahun.
 
Upayakan untuk mencukupkan anggaran. Namun bila ternyata tak cukup, Anda bisa mengurangi dana dari pos anggaran lainnya atau meminjam dari dana darurat.
 
"Harus mengurangi anggaran lainnya atau anggaran ke depannya dikurangi," ujarnya.
 
3. Ambil Diskon Secukupnya
 
Diskon saat liburan akhir tahun akan berlimpah. Maka yang penting Anda perhatikan adalah mengambil diskon secukupnya. Patokannya ialah sesuai dengan kebutuhan Anda.
 
Jadi jangan hanya sekadar mumpung diskon atau barangnya lucu, Anda kepincut untuk berburu diskon. Sebab, hal itu justru bisa menyebabkan Anda boros. "Kalau tidak memerlukannya ya jangan belanja," ujar Eko. (red)

Berita Lainnya

Index