Walaupun Hasil Swab Kedua Negatif, Satu Warga Kandis Tetap Dinayatakan Positif Covid 19,

Dibaca: 121 kali  Selasa,21 April 2020 | 09:40:00 WIB

Walaupun Hasil Swab Kedua Negatif,  Satu Warga Kandis Tetap Dinayatakan Positif Covid 19,
Ket Foto : Konferensi Pers Tim Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten Siak

SIAK- Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Siak melaksanakan Konferensi Pers di Posko Gugus Tugas Mess Pemda, Jalan Raja Kecik Siak Sri Indrapura, Jumat 17 April 2020. Konferensi Pers dilakukan menyampaikan update informasi penanganan Covid 19 di Kabupaten Siak. Didapati saru warga Kecamatan Kandis positif terjangkit covid-19, kendati sebelumnya hasil swab keduanya negatif, namun hasil pertamanya positif.
 
Disebutkan Kadiskes Kabupaten Siak Toni Chandra mengatakan, dari total orang PDP yang ada pada saat ini, berdasarkan hasil rapid test 1 PDP yang meninggal dinyatakan positif Covid 19. Sementara itu 1 orang pasien dari Kandis berdasarkan hasil swab pertama dinyatakan positif Covid 19 namun berdasarkan hasil uji swab kedua dinyatakan negatif. 
 
Namun sesuai protap, yang bersangkutan ditetapkan sebagai pasien positif covid 19 dengan protap maksimal, dan sudah mulai menjalani isolasi sesuai protokol kesehatan yang ditetapkan di RSUD Tengku Rafian.
 
“Yang bersangkutan akan diperiksa dengan uji swab setiap hari, sampai nanti hasilnya 2 kali bertutut-turut dinyatakan negatif dan sembuh dari Covid 19” kata Toni
 
Sementara itu Asisten Pemkesra Budhi Yuwono, hingga hari ini kasus tercatat terkait Covid-19 berjumlah 2.165 kasus, yang juga ditayangkan pada portal corona.siakkab.go.id per tanggal 17 April 2020. Selain itu kata dia, jumlah ODP berjumlah 2.152 orang, dengan jumlah ODP yang sudah selesai menjalani isolasi mandiri sebanyak 1.168 orang, sedangkan sisanya 984 ODP masih dalam proses pemantauan.
 
“Sedangkan untuk jumlah PDP terjadi peningkatan, dimana saat ini sudah tercatat 14 kasus PDP di Kabupaten Siak, dimana 9 orang diantaranya masih dirawat dengan rincian 7 orang di RSUD, 2 orang di Asrama Haji, dan 1 orang dirawat di Kota Pekanbaru. Selain itu 1 orang PDP meninggal dunia, 3 orang lainnnya sudah selesai dilakukan perawatan dan dinyatakan sembuh,” sebut Budhi.
(Hendra)
 
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com