Prodi Biologi FKIP UR Sukses Gelar Pekan Penghijauan Ke-30

Dibaca: 440 kali  Rabu,02 Mei 2018 | 03:15:00 WIB

Prodi Biologi FKIP UR Sukses Gelar Pekan Penghijauan Ke-30
Ket Foto : Foto bersama

PELALAWAN - Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau (UR), sukses menggelar Pekan Penghijauan ke-30, tanggal 27 sampai 29 April 2018 lalu, di Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan.

Panitia dalam rilisnya menjelaskan, acara yang merupakan program kerja Divisi Lingkungan Hidup Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi (Himaprobio) itu, dibuka langsung oleh Bupati Pelalawan, HM Harris, di halaman Kantor Camat Teluk Meranti.

Selain Bupati, turut hadir rombongan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pelalawan, Kapolsek Teluk Meranti, Koordinator Pendidikan Teluk Meranti, serta beberapa tokoh masyarakat Kelurahan Teluk Meranti.

Dalam kata sambutannya, Bupati Harris mengatakan ada tujuh inovasi yang ia canangkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pelalawan, yaitu Pelalawan Sehat, Pelalawan Terang, Pelalawan Lancar, Pelalawan Cerdas, Pelalawan Eksotis dan Pelalawan Inovatif.

"Kita harus punya inovasi, kita punya objek wisata Bono sebagai investasi untuk Teluk Meranti ini," ujar Harris, yang menambahkan bahwa harus ada inovasi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah, dengan menargetkan tahun depan ada 20 ribu wisatawan datang ke Teluk Meranti.

Menurut Harris, sumber daya manusia jadi yang pertama untuk ditingkatkan. "Kita gratiskan sekolah-sekolah di sini. Termasuk untuk masalah kesehatan," ungkapnya.

Setelah acara resmi dibuka, dilanjutkan dengan penyematan pin dan penyerahan bibit secara simbolis untuk ditanam di samping halaman Kantor Camat Teluk Meranti.

Penanaman 1000 bibit pohon yang terdiri dari bibit buah trembesi, mahoni, matoa, geharu dan jelatung itu, ditanam di sekitar bibir sungai Teluk Meranti sepanjang lebih kurang 500 meter. Semua civitas akademika turun langsung untuk melakukan penanaman, termasuk dosen serta alumni Pendidikan Biologi FKIP UR.

Selain penanaman 1000 bibit pohon, Pekan Penghijauan juga diisi dengan Seminar Pendidikan, PP Goes to School di SDN 003 Teluk Meranti, serta penyuluhan PKK dengan tujuan meningkatkan sumber daya penduduk sekitar.

"Biologi itu tentang kesehatan dan lingkungan. Semoga Pekan Penghijauan selanjutnya menjadi lebih baik dan menjadi motivasi untuk tetap menjaga keasrian alam," ujar Koordinator Prodi Pendidikan Biologi saat mendampingi penanaman simbolis oleh Bupati Pelalawan. (rls/nisa)

Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com