AMA Riau Akan Gelar Seminar Bersama Bathin Se-Pelalawan. Hadirkan Pakar Lingkungan Hidup Dr Elviriad

Dibaca: 287 kali  Jumat,05 November 2021 | 02:46:00 WIB

AMA Riau Akan Gelar Seminar Bersama Bathin Se-Pelalawan. Hadirkan Pakar Lingkungan Hidup Dr Elviriad
Ket Foto : Pakar Lingkungan Hidup, Dr. Elviriadi, M.Si

PEKANBARU- Aliansi Masyarakat Adat  (AMA) Melayu Riau Bersama Bathin Se-Kabupaten Pelalawan berencana menggelar seminar, tentang adat dan lingkungan. Kegiatan yang mengusung tema "Menjemput Tuah dan Marwah Negeri. Eksiskan Perbathinan di Kabupaten Pelalawan ini" akan menghadirkan Pakar Lingkungan Hidup, Dr Elviriadi, M.Si.  
 
Demikian diungkapkan Ketua AMA Riau, Laksmana Hery kepada wartawan Jumat, 5 November 2021. Dikatakan Hery, Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan konsolidasi dengan sejumlah lembaga yang intens memperjuangkan tentang memperjuangkan tentang adat dan lingkungan hidup di Provinsi Riau.  
 
"Adapun lembaga yang sudah kami kordinasikan yaitu, Panglima Besar Dubalang Adat AMA Riau, Datuk Suhartono, Yayasan Pelopor Sehati, Datuk Masriadi, Ketua Umum DPW LPLHI-KLHI Provinsi Riau Tuan Noverli, dan Panglima Besar Pagar Negeri Bumi Riau (PNBR), Datuk Atman. Semua lembaga ini akan berkolaborasi mewujudkan seminar bersama ini," ungkap Hery.
 
Dilanjutkan Hery adapaun agenda seminar tersebut akan membahas advokasi kepada para Batin dan Tetua Adat Kabupaten Pelalawan terkait tentang beberapa hal. Seperti sosialisasi untuk mendorong para Batin di Pelalawan memahami urgensi pemetaan partisipatif wilayah Adat. Melengkapi Data sosial, struktur adat dan sejarah wilayah adat Kerajaan Pelalawan.
 
"Kita akan mendengarkan dan memgagregasi keluhan dan kendala para batin dalam pengelolaan tanah ulayatnya. Melakukan identifikasi dan investigasi batas-batas hak Ulayat adat dengan pihak perusahaan. Advokasi dan penguatan Hak-hak Perbatinan Masyarakat Adat Pelalawan, untuk mengangkat Marwah masyarakat adat, dalam menjaga keutuhan alam dan fungsi lingkungan hidup," terangnya.
 
Selain seminar, lanjut Heri akademisi yang kerap jadi saksi ahli di pengadilan itu akan  memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemerintahan Desa di Langkan Kecamatan Langgam.
 
"Alhamdulilah, saya dikasi kesempatan untuk berbakti dinegeri sendiri. Pak Camat Langgam Sapar pun dah dukung, Bupati Zukri pun mau hadir kalau waktunya pas, bahkan Dinda Baharuddin Ketua DPRD Pelalawan pun bersedia meminjamkan mobil lengkap dengan ajudan. Klop lah semuanya. Kalau kita niat baik, orang akan senang pada kita. Allah pun akan ridho dan menurunkan pertolongan, " pungkas Hery. (sal)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com