Pemprov Riau Bangun Solar Cell Dukung Energi Terbarukan

Dibaca: 113 kali  Rabu,17 November 2021 | 11:55:00 WIB

Pemprov Riau Bangun Solar Cell Dukung Energi Terbarukan
Ket Foto : Gubernur Riau H Syamsuar

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau mulai mengembangkan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik di perkantoran.
 
Diantaranya adalah dengan memasang solar pannel yang memanfaatkan panas matahari untuk dijadikan sebagai kebutuhan listrik di perkantoran.
 
"Kita sudah mulai, solar cell sudah kita pasang diatas kantor gubernur dan gedung daerah juga sudah ada, jadi kami sudah buat contoh di Riau, harusnya perusahaan juga membuat solar cell seperti ini," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Rabu (17/11/2021).
 
"Seperti di Pertamina Dumai, mereka juga sudah membangun solar cell, termasuk di RAPP juga sudah, harapan kami perusahaan lain kalau bisa juga mengikuti," imbuhnya.
 
Upaya ini dilakukan sebagai bentuk upaya nyata Pemprov Riau dalam mendukung pemerintah untuk mengubah energi minyak bumi dan batu bara ke energi terbarukan.
 
"Nanti Riau sama seperti jawa, tidak ada pemadaman, jadi kita tidak hanya berharap ke batu bara," ucapnya.
 
Syamsuar menjelaskan, ada beberapa daerah di Riau yang saat ini belum teraliri listrik PLN bisa memanfaatkan solar cell ini.
 
Sehingga masyarakat tetap bisa menikmati aliran listrik meski PLN belum masuk ke wilayah tersebut.
 
"Seperti di Inhil, Bengkalis, Kepulauan Meranti, masih banyak pulau-pulau kita yang masih kosong, itu bisa dibangun solar cell," katanya. (mcr)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com