Bagikan Migor Sambil Kampanye, Jokowi 'Sentil' Zulhas: Urus yang Saya Tugaskan

Bagikan Migor Sambil Kampanye, Jokowi 'Sentil' Zulhas: Urus yang Saya Tugaskan
Presiden RI Joko Widodo

PEKANBARU - Presiden Joko Widodo mengingatkan agar Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan menjalankan tugasnya untuk menurunkan harga minyak goreng curah yang kini berkisar Rp14.000 per liter.

Hal itu sekaligus merespons tindakan Zulkifli yang mengampanyekan putrinya, Futri Zulya Savitri di sela-sela membagikan minyak goreng curah kemasan 'Minyakita' di Bandar Lampung pada Sabtu (9/7) lalu.

"Kalau Menteri Perdagangan ya urus yang paling penting seperti yang saya tugaskan kemarin bagaimana menurunkan harga minyak goreng," kata Jokowi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (12/7/2022).

Jokowi berharap harga minyak goreng curah bisa berada di kisaran Rp14.000 atau di bawahnya. "Paling penting itu, tugas dari saya itu," tegas Jokowi.

Jokowi juga memerintahkan Zulkifli pergi ke pasar-pasar untuk mengecek harga minyak. Mendag harus memastikan benar adalah harga minyak goreng curah sampai harganya terjangkau oleh masyarakat.

"Tugas dari saya itu, jadi ke pasar-pasar mengecek, karena saya juga sama mengecek minyak goreng utamanya yang kita cek itu minyak curah, jangan sekali-kali lari ke minyak kemasan yang premium," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, dari sejumlah pasar yang ia kunjungi harganya memang sudah berada di kisaran harga tersebut.

"Kalau di luar Jawa masih ada yang di atas Rp14 ribu, satu persatu akan kita selesaikan," tuturnya.

Untuk diketahui, beredar sebuah video yang memperlihatkan Mendag Zulkifli Hasan meninjau pasar murah minyak goreng yang digelar PAN di Lampung, Sabtu (9/7) lalu.

Dalam sambutannya di hadapan warga, Zulkifli sempat bertanya kepada para ibu-ibu yang hadir apakah sudah mendapatkan minyak goreng kemasan murah 'Minyakita'. Lalu dia meminta ibu-ibu tidak membayar minyak goreng murah Rp10.000 per 2 liter karena sudah dibayar oleh Futri.

Sebagai gantinya, Zulkifli meminta ibu-ibu untuk memilih Futri sebagai calon Legislatif PAN Dapil Lampung 1. Jika para ibu-ibu memilih putrinya, maka program bagi-bagi minyak goreng murah dijanjikan akan digelar rutin dua bulan sekali.

"Sudah bawa uangnya? Uangnya enggak usah, dikantongi aja. Rp10.000 yang nanggung Futri. Kasih uangnya. Nanti pilih Futri, ada deh (pasar murah) ginian 2 bulan sekali,” jelas Zulkifli. (red)

Berita Lainnya

Index