Kakanwil Kemenag Riau : Penyelenggaraan MTQ Jadi Upaya Pembinaan Keagamaan

Kakanwil Kemenag Riau : Penyelenggaraan MTQ Jadi Upaya Pembinaan Keagamaan
Malam pembukaan MTQ XL tingkat Provinsi Riau di Rohil

ROKAN HILIR - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Mahyudin mengatakan bahwa penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) sebagai salah satu upaya dalam pembinaan keagamaan, yang diharapkan mampu memberikan dampak dan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama.

Oleh sebab itu menurutnya, kegiatan MTQ di semua level atau tingkatan adalah hal yang harus mendapat perhatian dan dukungan dari semua masyarakat, termasuk juga dukungan dari pemerintah daerah.

"Kami berharap mudah-mudahan tujuan MTQ yang kita pegang teguh sehingga Al-Quran benar-benar kita resapi, benar-benar kita hayati, benar-benar kita amalkan dalam kehidupan kita sehari-hari," ujarnya, dalam pembukaan MTQ XL tingkat Provinsi Riau di Rohil, Ahad malam (24/7/22).

Mahyudin menginginkan, MTQ Provinsi Riau harus mampu membumikan Al-Quran, sehingga lebih dipahami dan dilaksanakan oleh masyarakat tujuan dan makna bukan hanya sekedar prestasi utama, namun lebih utama adalah syiar dan dakwah.

"Semoga MTQ hasilnya maksimal bisa berkiprah di tingkat nasional, semoga Riau menjadi maju melalui MTQ kita pompa selalu semangat membumikan Al-Quran," ujarnya.

Ia menambahkan, seharusnya hamba yang beriman merasa damai setiap kali membaca Al-Quran, merasa tentram setiap kali mendengarkan alunan-alunan ayat Suci Al-Quran. Sehingga perasaan damai dan tentram harus dirawat harus ditularkan dalam kehidupan sehari-hari.

Terangnya, Islam adalah agama Rahmatan Lil Alamin yang menjadi berkah bagi alam semesta yang membawa kebaikan bagi umat manusia. Karena itu umat muslim harus menjaga kerukunan, menjaga persaudaraan, menjaga persatuan, karena kerukunan, persaudaraan dan persatuan adalah kekuatan umat Islam yang bergerak maju menuju ke arah yang lebih baik.

"Kita semua tentu berharap agar MTQ tingkat Provinsi Riau ini menjadi salah satu sumber kesejukan, menjadi sumber melimpahnya ukhuwah islamiyah," ucapnya.

"Mudah-mudahan MTQ yang kita laksanakan pada tahun ini benar-benar menjadi syiar Islam di tengah-tengah masyarakat kita ini," tutupnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index