Siapkan Manajemen Pensiun Agar Tercapai Kehidupan Sehat dan Bahagia

Siapkan Manajemen Pensiun Agar Tercapai Kehidupan Sehat dan Bahagia
Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Joni Irwan

PEKANBARU - Asisten III Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Joni Irwan membuka pembekalan pra pensiun bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, yang dilaksanakan di Hotel Ameera Jalan Ahmad Yani Pekanbaru, Senin (25/7/2022).

Menurutnya, pelaksanaan pembekalan pra pensiun bagi PNS di lingkungan Pemprov Riau bertujuan untuk memahami informasi pengetahuan dan wawasan terkait penyiapan fisik dan psikologis bagi para pensiun dan perlunya untuk memahami manajemen pensiun yang dapat dijalankan pada masa pensiun sehingga tercapai kehidupan sehat dan bahagia di masa yang akan datang.

Ia mengungkapkan, persiapan masa pensiun ini gampang untuk diucapkan. Namun, untuk pelaksanaannya harus betul-betul dengan keikhlasan. Terutama kepada 100 orang yang terdiri dari 49 penerimaan SK pensiun Terhitung Mulai Tanggal (TMT) 1 September 2022 mendatang dan 51 guru yang akan memasuki masa purna bakti.

"Tadi dari disampaikan per 1 September 2022 mendatang akan tidak melakukan aktivitas perkantoran seperti biasanya hal ini memang perlu dipersiapkan. Kalau hari ini saya menyerahkan, insyaallah tahun depan saya juga akan menghadapi masa pensiun, semuanya akan bergulir pada waktunya," lanjutnya.

Selain itu, pihaknya percaya bahwa melalui pembekalan yang dilakukan oleh Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Riau dalam kegiatan pembekalan pra pensiun bagi PNS di Lingkungan Pemprov Riau, para pensiun akan mendapatkan kemudahan dan semangat baru untuk menghadapi masa pensiun.

"Perlunya kita melakukan perencanaan ke depan yang lebih mantap lagi yaitu kegiatan usaha-usaha apa yang harus diberikan, untuk dilakukan kesibukannya saat menjalani masa pensiun," ujarnya.

Joni Irwan menambahkan, bahwa sekecil apapun dilakukan dengan keikhlasannya akan bernilai kebaikan. Untuk itu, ia berharap para pensiunan untuk senantiasa berpikir optimis, melakukan berbagai kegiatan yang positif dan menyenangkan yang bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitarnya.

"Jagalah pola hidup sehat, dan dekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa," ungkapnya.

"Terima kasih atas waktu serta tenaganya saat menjalani pengabdiannya bertugas sebagai Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemprov Riau," tutupnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index