7 Peserta Jadi Juara Semua, Ketua LPTQ Riau : Meranti Hebat

7 Peserta Jadi Juara Semua, Ketua LPTQ Riau : Meranti Hebat
Kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti mendapat ucapan selamat secara langsung dari Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong dan Istri

ROKAN HILIR - Prestasi peserta asal Kabupaten Kepulauan Meranti di ajang MTQ tingkat Provinsi Riau ke 40 (XL) Tahun 2022 tidak bisa diragukan. Buktinya, 7 peserta yang datang ke ajang MTQ di Rokan Hilir itu semuanya menjadi juara.

Ungkapan rasa haru, simpati, bangga dan apresiasi akan prestasi itu pun datang dari banyak pihak, tidak hanya dari masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti saja, namun juga dari banyak tokoh masyarakat Riau dan dari Kabupaten/Kota lainnya di Riau.

"Meranti Hebat," ungkap Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Riau, H Ahmadsyah Harrofie, merilis pengumuman hasil penilaian peserta dari Dewan Hakim MTQ Riau XL, Jumat malam 29 Juli 2022.

Kehebatan peserta asal Kabupaten Kepulauan Meranti itu, kata mantan Kepala Dinas Kominfo Provinsi Riau ini, karena seluruh peserta yang datang dari daerah bungsu di Riau itu semuanya mendapat Juara.

Dari 7 orang peserta yang ikut tampil dari Kabupaten Kepulauan Meranti itu, empat peserta berhasil menjadi Juara 1, dua peserta menjadi Juara 2 dan satu peserta menjadi Juara Harapan 2.

Dengan hanya di ikuti oleh 7 peserta, Kabupaten Kepulauan Meranti bahkan berhasil menduduki peringkat 7 dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau.

Prestasi itu mematahkan keraguan segelintir orang akan kualitas qori dan qoriah Kabupaten Kepulauan Meranti, dimana peringkat itu menyamakan posisi tiga tahun lalu saat MTQ ke XXXVIII tingkat Provinsi Riau tahun 2019 di Kabupaten Kampar, dimana Kepulauan Meranti yang saat itu menghadirkan banyak peserta berada di peringkat 7.

Official pendamping Kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti pada MTQ Riau XL, Zulkhairil mengatakan, hasil yang diraih kontingen MTQ Kepulauan Meranti ini berkat kerja keras seluruh pihak yang membantu memberangkatkan kafilah. Dimana pada MTQ Riau XL tahun 2022 ini kafilah Kabupaten Kepulauan Meranti tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah.

"Alhamdulillah, kita berhasil berada di peringkat 7 walaupun peserta kita minim dan tidak mendapatkan dukungan dari pemerintah daerah," ujarnya.

Adapun raihan qori dan qoriah Kabupaten Kepulauan Meranti tersebut antara lain empat Juara 1 diraih oleh Abdurrahman Sulaiman Saputra Hifzhil Qur'an 1 juz cabang Tilawah, Gusnanda Tartil Qur'an 3-8 juz cabang Tuna Netra, Eko Sarjono Tartil Qur’an 5-10 juz cabang Qiroat Mujawad dan Azza Afkarina cabang Hifzhil Qur'an 5 juz.

Kemudian Juara 2 diraih Muhammad Habbibul Haq Al Hanif, Hifzhil Qur'an cabang 10 juz dan Yogi Zatmika Khathil Qur’an cabang dekorasi. Sedangkan Juara Harapan 2 diraih oleh Laila Tartil Qur'an 9 juz cabang Tartil. (*)

Berita Lainnya

Index