Angkut Sayuran dan Buah, KM Patria Meranti Tenggelam di Perairan Karimun

Angkut Sayuran dan Buah, KM Patria Meranti Tenggelam di Perairan Karimun

KARIMUN – Kapal Motor (KM) Patria Meranti tenggelam di Perairan Pulau Sugi, Kecamatan Moro, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Sabtu (30/7/2022) pagi kemarin.

Tenggelamnya kapal barang tersebut dibenarkan oleh Kepala Satuan Polairud Polres Karimun, AKP Binsar Samosir.

Binsar mengatakan, kapal tersebut mengangkut sayur-sayuran dan buah-buahan seberat 20 ton dari Kabupaten Siak, Provinsi Riau menuju Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau.

“Iya, KM Patria Meranti tujuan Tanjungpinang tenggelam di perairan Sugi Karimun sekitar pukul 08.00 WIB,” kata Binsar.

Binsar menjelaskan bahwa kapal dengan 4 orang kru itu tenggelam lantaran dihantam ombak besar sekira pukul 08.00 WIB di perairan Pulau Patah Selatan, Pulau Sugi, Karimun.

Ombak tersebut membuat kapal oleng dan kemasukan air yang kemudian mengakibatkan mesin pompa air sebanyak 3 unit mengalami mati mesin karena terendam air laut.

“Akibat kemasukan air, kapal perlahan karam ke dasar laut. Sehingga nahkoda beserta ABK kapal langsung menyelamatkan diri dengan life jacket,” jelas Binsar.

Binsar mengatakan, pihaknya bersama Lanal Tanjungbalai Karimun berhasil melakukan penyelamatan terhadap kru kapal KM Patria Meranti.

Adapun keempat kru kapal tersebut adalah Sandra selaku nahkoda, Dahlan, Muhammad Ikhsan dan Leonardo Junior selaku anak buah kapal.

“Keempat korban berhasil kita selamatkan dan langsung kita bawa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan penanganan lebih lanjut,” katanya. (*)

Berita Lainnya

Index