Gol Tunggal Evan Dimas Menangkan Indonesia atas Mauritius

Dibaca: 844 kali  Rabu,12 September 2018 | 02:15:00 WIB

Gol Tunggal Evan Dimas Menangkan Indonesia atas Mauritius
Ket Foto : Pertandingan Timnas Indonesia VS Timnas Mauritius di Stadion Wibawa Mukti. (foto kumparan)

JAWA BARAT - Timnas Indonesia meraih kemenangan tipis 1-0 atas Mauritius, Selasa 11 September 2018 sore WIB. Pada laga yang berlangsung di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, ini, Evan Dimas jadi pahlawan lewat gol tunggalnya.
 
Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, tim pelatih Timnas Indonesia melakukan penyegaran dengan menarik Irfan Jaya dan memasukkan Riko Simanjuntak. Masuknya penggawa Persija Jakarta di interval kedua memang menghidupkan sisi kanan permainan, sebab, pada babak pertama pola serangan terfokus di sisi kiri yang diisi oleh Febri Hariyadi.
 
Meski Riko masuk bukan berarti segalanya berubah; strategi memainkan umpan-umpan pendek tetap menjadi pilihan. Akan tetapi, jika babak pertama Timnas Indonesia memulai laga dengan tempo lambat, di babak kedua mereka memainkan tempo cepat.
 
Salah satu dampak instan dari permainan tempo cepat ini terpampang saat usia pertandingan memasuki menit ke-54. Lewat aksi Febri Hariadi di sisi kiri, pemain Persib Bandung ini berhasil mengirim umpan yang disambut Boaz Solossa, usai melewati dua pemain belakang Mauritius, akan tetapi usaha Boaz digagalkan oleh Jean Louis Kevin.
 
Selepas peluang Boaz, Mauritius merespons dengan sepakan Francois Jorfan yang berhasil melewati Riko dan Gavin Kwan. Meski percobaan pemain bernomor punggung 10 ini mengarah ke tiang jauh, tetapi Awan Setho mampu menepis dengan baik.
 
Satu jam usia pertandingan, bisa dibilang permainan jadi milik Indonesia. Sejumlah peluang hadir melalui solo run dan tembakan bebas Stefano Lilipaly berhasil menghadirkan ancaman pada menit ke-60 dan menit ke-67.
 
Selain itu, berhasilnya Riko serta Septian David Maulana dan Ilham Udin yang masuk sebagai pemain pengganti sejatinya berhasil mengacak-acak pertahanan lini belakang Mauritius. Akan tetapi sejumlah peluang gagal dimanfaatkan karena penyelesaian akhir.
 
Saat pertandingan sepertinya berakhir imbang tanpa gol, asisten pelatih Timnas Indonesia, Kurniawan Dwi Yulianto, melakukan pergantian dengan memasukkna debutan baru Dedik Setiawan untuk menggantikan Lilipaly.
 
Baru di lapangan selama dua menit, Dedik berhasil melepaskan tembakan ke gawang Mauritius. Meski berhasil ditepis oleh Jean Louis namun bola muntah mengarah ke Evan Dimas. Dengan dingin, Evan melepaskan tembakan dan mengubah skor 1-0 pada menit ke-90.
 
Seperti dilansir dari kumparan, Gol dari Evan sekaligus menutup babak kedua dengan kemenangan untuk Timnas Indonesia. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com