Dewan Hakim MTQ Ke-XI Kepulauan Meranti Dilantik

Dibaca: 1427 kali  Jumat,19 Juli 2019 | 12:00:00 WIB

Dewan Hakim MTQ Ke-XI Kepulauan Meranti Dilantik
Ket Foto : Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Said Hasyim saat melantik Dewan Hakim MTQ

MERANTI - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim melakukan pelantikan Dewan Hakim MTQ Ke-XI Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019, di halaman Masjid Agung Darul Ulum, Selatpanjang, Jumat malam (19/7/2019).
 
Hadir bersama Wakil Bupati, Ketua DPRD Fauzi Hasan, Kajari Meranti Budi Rahardjo, Sekda Yulian Norwis, Kabag Ops Polres Kompol Joni Wardi, Kakan Kemenag Darwison, Ketua LPTQ Zulkhairil, Ketua MKA LAM Ridwan Hasan dan unsur lainnya.
 
Kegiatan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Qori terbaik Meranti Shinta Susanti, Nurlisan Juara I Tartil Quran Provinsi Riau, Neily Maqhfiroh Juara II Qiro Sab'ah Provinsi Riau, Siti Nuraini Juara III Tartil Nasional.
 
Pelantikan Dewan Hakim MTQ ditandai dengan pembacaan Keputusan Bupati Kepulauan Meranti Nomor 505/HK/KPtS/VI/2019 tentang Penetapan Dewan Hakim dan Mejelis Hakim MTQ Ke-XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019 oleh Panitia Pelaksana.
 
Dalam Surat Keputusan itu menetapkan Ketua Dewan Hakim H. Rosdaner S.Pd, Wakil Ketua I Dewan Hakim H. Darwison, Wakil Ketua II Dewan Hakim Drs. Husni Gamal, Sekretaris H. Zulkhairil. Sementara untuk Ketua Majelis Hakim dipimpin oleh H. Jasmail.
 
Pelantikan sendiri dipimpin oleh Wakil Bupati Kepulauan Meranti yang ditandai dengan pembacanaan Naskah Pelantikan oleh Wakil Bupati disaksikan oleh Dewan dan Majelis Hakim yang dilantik.
 
Dilanjutkan dengan sambutan Tuan Rumah MTQ Ke-XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti 2019 oleh Camat Tebing Tinggi, Helfandi SE M.Si yang dalam pidatonya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya Pemerintah Kabupaten yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan MTQ Kabupaten di Kecamatan Tebing Tinggi, baik panitia lokal maupun Kabupaten, ia berharap mulai awal hingga akhir acara MTQ Ke-XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019 bisa berjalan dengan baik.
 
Menyikapi kegiatan ini, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim mengucapkan terima kasih kepada semua pihak khususnya panitia yang telah mendukung suksesnya pelaksanaan MTQ Ke-XI tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti. Wabup berpesan kepada seluruh panitia untuk selalu mengawal dan membimbing para Qori dan Qoriah sehingga dapat bertanding dengan baik dan mampu memaknai kegiatan MTQ ini.
 
"Yang terpenting bukan hanya menangnya tapi bagaimana kita mampu membina anak anak untuk mencintai Al-Quran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu Visi dan Misi Meranti menjadikan Meranti sebagai negeri Madani dapat diwujudkan," ujar Wabup.
 
Kepada Dewan dan Majelis Hakim yang dilantik, Wabup Said Hasyim mengingatkan untuk dapat menilai dan memilih para Qori dan Qoriah yang terbaik untuk diikutsertakan pada ajang MTQ tingkat Provinsi Riau yang rencananya akan digelar di Kabupaten Kampar.
 
Terakhir kepada seluruh Qori dan Qoriah yang akan bertanding Wabup berpesan untuk senantiasa berlatih dan bertanding dengan tenang dan meraih hasil terbaik.
 
"Bertandinglah dengan tenang bagi yang terbaik dan berpotensi akan keluar menjadi pemenang, bagi yang belum terpilih teruslah berlatih," ucap Wabup.
 
Sementara itu Kepala Kemenag Kepulauan Meranti Darwison M.Ag, berharap pada malam Taaruf ini semua khafilah di 9 Kecamatan dapat saling kenal mengenal antara satu dan lainnya sehingga terjalin keakraban dan silaturahim yang erat.
 
"Walaupun datang dari Kecamatan yang berbeda hendaknya dapat menyemarakan MTQ Tahun ini, dengan Taaruf ini bisa memperkokoh ukhuah islamiyah dan silaturahim, jangan jadikan ajang ini sekedar lomba tapi jadikanlah sebagai pemersatu di tengah perbedaan ini," ucap Darwison.
 
Dan kepada Hakim yang memberi penilaian dari seluruh kontingen diharapkan bisa memberikan penilaian yang seadil-adilnya sehingga apa yang direncanakan dapat berjalan dengan baik. Kemudian kegiatan ditutup dengan foto bersama dan salam-salaman.
 
 
Sekedar informasi, Sabtu pagi akan digelar Pawai Taaruf yang rencananya dilepas di jalan Merdeka Selatpanjang. Untuk itu Wabup mengajak seluruh SKPD dan masyarakat untuk meramaikannya. (rls/red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com