Usai Bertemu Jokowi, Petinggi Partai Komunis Cina Temui Megawati

Dibaca: 428 kali  Jumat,20 September 2019 | 02:14:00 WIB

Usai Bertemu Jokowi, Petinggi Partai Komunis Cina Temui Megawati
Ket Foto : Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto usai pertemuan antara PDIP dan Departemen Internasional Partai Komunis Cina di Hotel Mandarin, Jakarta, 20 September 2019. Foto TEMPO

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, bertemu dengan Kepala Polit Biro Hubungan Internasional Partai Komunis Cina (ID CPC), Song Tao, Jumat, 20 September 2019, di Hotel Mandarin, Jakarta.
 
Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, mengatakan acara ini dalam rangka membangun kerja sama antara kedua partai ini.
 
"Dalam pertemuan itu diangkat upaya-upaya bagaimana kerjasama antarpartai politik itu sebagai second track diplomasi dan juga akan memberikan dukungan terhadap kerjasama antara kedua bangsa dan negara," kata Hasto usai pertemuan.
 
Hasto menjelaskan, dalam acara tersebut kedua partai mengembangkan hasil pertemuan Song Tao dan jajarannya dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Bogor.
 
"Ini sebagai sebuah kelanjutan dari pertemuan sebelumnya dengan bapak presiden Jokowi," kata dia dilansir Tempo.
 
Selain itu, kata Hasto, Song Tao mengundang Megawati untuk menghadiri pertemuan partai politik tingkat Asia pada November 2019.
 
"Ada sepuluh partai politik yang diundang dan berdiskusi bersama membahas tentang kerjasama strategis dan saling tukar pikiran di antara para pimpinan partai," ujarnya.
 
Sebelumnya, Song Tao, selaku penasihat hubungan luar negeri Presiden Cina, menyampaikan selamat kepada Jokowi karena terpilih kembali menjadi presiden Indonesia. Tao menilai di bawah kepemimpinan Jokowi ekonomi dan kehidupan masyarakat Indonesia mengalami kemajuan.
 
"Sebagai sahabat baik untuk Indonesia, saya benar-benar merasa sangat bahagia," kata dia di Bogor.
 
Wakil Menteri Luar Negeri AM. Fachir mengatakan, Song Tao menyampaikan komitmen Cina untuk meningkatkan kerja sama dengan Indonesia. Selain itu, ia menyampaikan wakil presiden Cina akan menghadiri pelantikan Jokowi sebagai presiden 2019-2024. (red)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com