Diskominfosan Kampar Gelar Bimtek Persandian

Diskominfosan Kampar Gelar Bimtek Persandian
Foto bersama
KAMPAR - Bupati Kampar diwakili Asisten Administrasi Umum Setda Kampar, Nurhasani, membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Persandian tentang Pengamanan Informasi dan Pengelolaan e-mail Sanapati di lingkungan Pemkab Kampar Tahun 2018, di Stanum Bangkinang, Kamis 8 November 2018.
 
Hadir pada acara itu, Pejabat Badan Siber dan Sandi Negara, Yoyok Darmanto, Pejabat Diskominfotik Provinsi Riau, T. Nova Sukma ST serta peserta Bimtek dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar dan Kecamatan.
 
Asisten Administrasi Umum Setda Kampar, Nurhasani mengatakan, Bimtek ini penting untuk meningkatkan kemampuan dalam pengelolaan persandian dan meningkatkan kinerja aparatur melalui pembekalan pengetahuan, wawasan dan keterampilan.
 
Dengan pelaksanaan Bimtek ini, diharapkan penyelenggaraan persandian untuk pengamanan dan pengelolaan e-mail Sanapati di Pemkab Kampar berjalan lebih profesional serta mengacu kepada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ada.
 
"Kegiatan ini sangat penting, karena dalam pengelolaan suatu kegiatan memerlukan kesepahaman bersama dalam implementasinya, baik secara teknis operasional maupun administrasi," kata Nurhasani.
 
Disadari, masih adanya tantangan penanganan teknis, salah satunya disebabkan belum optimalnya kemampuan teknis dari personel persandian dalam mendukung dan melaksanakan operasional pemanfaatan fasilitas persandian yang dimiliki, serta terbentuknya OPD yang baru dan mutasi pegawai di daerah.
 
"Untuk itu melalui bidang persandian saya berharap agar kegiatan ini dapat dijadikan sarana dalam meningkatkan kemampuan dan keterampilan, wawasan, pertukaran informasi serta pengalaman bagi para personel persandian," harapnya.
 
Dengan dilaksanakannya Bimtek ini, tambah Nurhasani, nantinya penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi dan pengelolaan e-mail Sanapati di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kampar dapat berada pada jalur aman dan benar.
 
Dia menjelaskan, bahwa bersama Badan Siber dan Sandi Negara sebagai instansi pemerintah yang melaksanakan tugas pemerintah di bidang persandian, Pemda juga bertanggung jawab mengamankan informasi berklarifikasi milik pemerintah atau negara melalui persandian.
 
Berkaitan dengan hal tersebut, Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Kampar bersama Badan Siber dan Sandi Negara perlu menyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi e-mail Sanapati, sehingga penyelenggaraan persandian pada Pemerintah Kabupaten dan Kecamatan dapat berjalan dengan optimal guna mendukung tata kelola untuk pengamanan informasi di pemerintah daerah, baik dalam pengiriman, penerimaan berita atau informasi rahasia berklarifikasi melalui e-mail secara cepat, tepat dan aman.
 
Asisten Administrasi Umum Setda Kampar meminta agar peserta Bimtek untuk dapat saling berdiskusi secara aktif dengan narasumber terkait permasalahan persandian yang terjadi di daerah, baik teknis maupun non teknis dan berperan dalam penyelenggaraan persandian, khususnya mampu mengoperasionalkan e-mail Sanapati yang telah didistribusikan oleh Badan Siber dan Sandi Negara pada masing-masing Kecamatan.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian Kabupaten Kampar, Erizon SE selaku Panitia Pelaksana dalam laporannya mengatakan, kegiatan Bimtek ini dilaksanakan 2 (dua) hari mulai tanggal 8 sampai 9 November 2018 di Stanum Bangkinang.
 
"Jumlah peserta sebanyak 30 orang dengan rincian 21 orang operator persandian Kecamatan dan 9 orang operator OPD," ujarnya. (bakar)

Berita Lainnya

Index