Diskes Kampar Kunjungan Lapangan ke Diskes Inhil

Diskes Kampar Kunjungan Lapangan ke Diskes Inhil
Foto bersama
KAMPAR – Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar melakukan kunjungan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil). Kunjungan itu untuk menyerap ilmu atas keberhasilan Diskes Inhil menjadi terbaik nasional program asuhan mandiri Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA).
 
Pada kunjungan itu, rombongan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dipimpin langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Nurbit, S.IP, MH dan Kepala Bidang Yankes, dr. Alimora. Rombongan disambut oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes dan pejabat struktural lainnya.
 
"Selamat datang kami sampaikan kepada rombongan Dinas Kesehatan Kampar, dan terima telah berkunjung ke tempat kami dan semoga ini menjadi awal kebaikan buat kita bersama," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil, H. Zainal Arifin, SKM, M.Kes.
 
Zainal Arifin menyebutkan, bahwa Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil memiliki 27 Puskesmas dengan SDM Kesehatan 70 orang Sarjana Kesehatan Masyarakat (SKM), 80 orang Bidang serta 30 orang Perawat.
 
Untuk mendukung program kegiatan Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional melalui pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresure seluruh Puskesmas, Diskes Inhil memiliki USG, EKG, Urin analyzer dan hematolyzer, serta telah membangun 21 tower untuk sistem kerja "say no paper" (system digital).
 
Zainal Arifin menjelaskan, bahwa di Kabupaten Inhil sudah diterbitkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR), Inisiasi Menyusui Dini (IMD), Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) dan STBM serta ada 14 Puskesmas di Inhil sudah tidak menggunakan kertas lagi (system digital).
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, Nurbit, S.IP, MH mengucapkan terima kasih atas sambutan yang sangat meriah dari keluarga besar Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil.
 
"Kami berharap serapan ilmu dan penyampaian yang sangat bermanfaat buat kemajuan kita bersama," kata Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Kampar, Nurbit, S.IP, MH.
 
Nurbit juga berharap kunjungan ini dapat memperkuat sinergi antara Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Inhil dalam hal Asuhan Mandiri Kesehatan Tradisional Melalui Pemanfaatan Taman Obat Keluarga (TOGA) dan Akupresure.
 
"Khususnya dan dalam hal peningkatan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya," ucapnya. (bakar/rls)

Berita Lainnya

Index