Satgas Pangan Riau Pantau Aksi Spekulan Sembako

Satgas Pangan Riau Pantau Aksi Spekulan Sembako
ilustrasi
PEKANBARU - Fluktuasi harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di pasaran masih menjadi perhatian ekstra. Poin ini dikarenakan keperluan sembako bersentuhan langsung dengan masyarakat dari berbagai kalangan.
 
Salah satu langkah mengantisipasi aksi spekulan adalah dengan memantau aksi negatif para spekulan. Untuk mengoptimalkan hal tersebut. telah dibentuk Satuan Tugas (Satgas) pangan yang akan melakukan pengawasan ketersediaan dan stabilitas beras di pasaran.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Riau Ahmad Hijazi menilai, aksi penimbunan sembako oleh spekulan merupakan aksi yang merugikan. Pasalnya, dapat berimbas pada pasokan dan harga di pasaran.
 
"Langkah pengawasan harus terus dilakukan. Sehingga indikasi penimbunan beras tidak terjadi agar suplai beras cukup dan harga stabil di pasaran," paparnya, Selasa 8 Januari 2019 kemarin.
 
Dalam implementasinya, langkah pengawasan dilakukan dengan berkoordinasi dan melibatkan seluruh stakeholder terkait. Beberapa momen yang menjadi perhatian adalah menjelang hari-hari besar dan momentum tertentu.
 
Dengan langkah pengawasan, aksi para spekulan dapat diantisipasi sejak dini. Sehingga tidak merugikan masyarakat yang ingin memperoleh komoditi sembako di pasaran. (mcr)

Berita Lainnya

Index