Plt Bupati Kampar Bersama Dirlantas Polda Riau Launching 4 Unit Bus Sekolah

Plt Bupati Kampar Bersama Dirlantas Polda Riau Launching 4 Unit Bus Sekolah
Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto bersama Dirlantas Polda Riau Kombes Pol FX Birawa Braja Paksa melaunching 4 unit bus sekolah
KAMPAR - Plt Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto melaunching 4 unit bus sekolah bersama Kapolda Riau yang diwakili Dirlantas Polda Riau Kombes Pol FX Birawa Braja Paksa, di halaman Taman Kota Bangkinang, Rabu 23 Januari 2019.
 
Turut hadir pada kegiatan lauching itu Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira SIK, MA, unsur Forkopimda Kampar lainnya, Camat, Kepala Desa dan Kepala Sekolah se-Kabupaten Kampar, juga beberapa perwakilan siswa siswi sekolah.
 
4 unit bus sekolah tersebut akan melayani rute Kuok-Bangkinang Kota, Batu belah-Bangkinang Kota, Bangkinang seberang-Bangkinang Kota, Ridan-Bangkinang Kota ke sekolah sekolah SMP dan SMA yang ada di Kecamatan Bangkinang Kota.
 
Dalam arahannya, Plt Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto mengharapkan para siswa-siswi dapat meningkatkan kedisiplinan ketika nantinya telah menggunakan bus sekolah. Menurutnya ini merupakan terobosan yang baik karena selain selamat di jalan, para pelajar juga dapat bertukar fikiran dan sharing dalam perjalanan menuju ke sekolah.
 
"Ini merupakan terobosan baru dan pertama di Provinsi Riau, semoga menjadi pelopor keselamatan ke sekolah dan meningkatkan kesadaran siswa untuk menggunakan bus sekolah. Kedepannya akan kita tambah unitnya karena manfaatnya sangat besar, semoga generasi pelajar dapat fokus belajar dan lebih disiplin serta aman selamat ke sekolah." harap Catur.
 
Selain itu juga dilakukan deklarasi selamat ke sekolah dan tertib berlalulintas serta mendukung milenial road safety festival yang akan dilaksanakan tanggal 24 Februari 2019.
 
Kapolda Riau diwakili Direktur Lalulintas Polda Riau Komisaris Besar Polisi Birawa Braja Paksa sangat mengapresiasi gagasan ini karena merupakan yang pertama dilakukan di Provinsi Riau. Dia juga berharap jumlah armada bus sekolah agar dapat ditambah.
 
"Karena kurangnya alat transportasi umum mendorong anak-anak kita menggunakan sepeda motor, namun disisi lain secara mental dan emosional mereka belum siap. Semoga dengan adanya bus sekolah ini tidak ada lagi yang menggunakan kendaraan pribadi ke sekolah, tinggal orang tua membimbing anak-anaknya," ujar Birawa.
 
Dari 4 unit bus sekolah yang baru dilaunching berikut rutenya, diantaranya 1 unit bus baru bantuan dari Kementerian Perhubungan, 1 unit bus milik Polres Kampar yang diperbantukan untuk bus sekolah dan 2 unit lainnya merupakan bus sekolah yang telah beroperasi dan saat ini ditentukan rute terbarunya.
 
Langkah ini dilakukan untuk menekan tingginya angka kecelakaan lalulintas di kalangan pelajar, sehingga kedepannya diharapkan tidak ada lagi siswa-siswi SMP maupun SMA yang menggunakan kendaraan bermotor ke sekolah demi terwujudnya keselamatan berlalulintas. (bakar)

Berita Lainnya

Index