Plt Bupati Kampar Serahkan 1.400 Sertifikat Tanah Masyarakat

Plt Bupati Kampar Serahkan 1.400 Sertifikat Tanah Masyarakat
Penyerahan sertifikat tanah secara simbolis kepada perwakilan masyarakat
KAMPAR - Plt Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH, secara simbolis menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat, program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang dilaksanakan di Lapangan Pelajar Bangkinang pada hari Kamis 24 Januari 2019.
 
Dari target 18.000 sertifikat tanah yang akan dibagikan kepada masyarakat, untuk tahap pertama telah diserahkan sebanyak 1.400 sertifikat tanah rakyat yang berada di dua Kecamatan, yakni Kecamatan Bangkinang dan Bangkinang Kota.
 
"Sertifikat ini merupakan pengakuan atas kepemilikan sah atas tanah masyarakat, pergunakanlah dengan sebaik-naiknya untuk kesejahteraan masyarakat," ujar Plt Bupati.
 
Menurutnya, jika rakyat senang maka pemerintah juga akan senang. Kedepan, pemerintah akan terus buat masyarakat sejahtera dan senang, dan Pemkab Kampar juga terus berupaya menjalankan program pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat.
 
Ditambahkan Plt. Bupati Kampar, ini adalah program strategis nasional yang terus akan berkelanjutan, Pemkab Kampar terus mendukung penuh terhadap program kerakyatan ini.
 
"Penyerahan ini merupakan pengakuan terhadap hak atas kepemilikan tanah, ini bukti pemerintah hadir untuk masyarakat, bagaimana masyarakat memiliki bukti kuat sebagai pemilik tanah," kata Catur Sugeng lagi.
 
Dikatakannya, sertifikat ini dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, namun jangan malah digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.
 
Diungkapkannya, masih banyak lahan masyarakat yang sampai saat ini belum memiliki sertifikat, untuk itu Plt Bupati Kampar mengapresiasi BPN Kampar atas keseriusan dan kesungguhannya menjalankan program nasional bagi masyarakat ini.
 
Sementara itu Plh Kepala Kantor Pertanahan Nasional Kabupaten Kampar, Abdul Azis menjelaskan, Kementerian Agraria menargetkan 18.000 sertifikat tanah di Kampar, hingga saat ini telah diterbitkan sebanyak 15.250 sertifikat yang akan diserahkan secara bertahap.
 
"Sementara pagi ini kita serahkan sebanyak 1.400 sertifikat program pendataan tahun 2018," ujar Abdul Azis.
 
Untuk itu Abdul Azis mengucapkan terimakasih atas dukungan dari Pemerintah Kabupaten Kampar serta partisipasi masyarakat dalam kelancaran dan dukungan dalam kesuksesan program ini.
 
Turut hadir pada acara tersebut, sejumlah unsur Forkopimda Kampar,  para Asisten Setdakab dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Kampar serta ratusan masyarakat penerima sertifikat. (bakar/rls)

Berita Lainnya

Index