Dukung Pengembangan Pariwisata dan Budaya

Bupati Kampar Hadiri Festival Visiting Our Own Home di Jogyakarta

Bupati Kampar Hadiri Festival Visiting Our Own Home di Jogyakarta
JOGYAKARTA- Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto, SH menghadiri Focus Group Discusion (FGD) dalam acara Program BERKUNJUNG KE RUMAH SENDIRI (Visiting Our Own Home) di LPP Garden Hotel Yogyakarta, Selasa 19 Maret 2019. Turut serta pada acara tersebut Asisten II Bidang Perkonomian dan Pembangunan, Ir. Azwan, MSi,  Kadis Lingkungan Hidup Ir. Cokroamnito, MM dan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Ir. Zulia Dharma, Kadis PUPR Afdal ST MT dan Camat Kampar Kiri Hulu Tommy Farnandes. 
 
“Program ini tidak hanya bekerja untuk saling menguatkan, namun juga memproduksi pengetahuan, serta pengembangan festival ke tingkat yang lebih baik dan luas. Seperti Festival Musik Rimbang Balin yang akan  dilangsungkan di wilayah kerja Kawasan Hutan Suaka Marga Satwa Bukit Rimbang Bukit Baling Kecamatan Kampar Kiri Hulu Kabupaten Kampar,” ujar Catur usai acara.
 
Kehadiran Bupati Kampar pada  Kick-Off Meeting merupakan  komitmen dan dukungan moral dalam pengembangan pariwisata dan budaya sekaligus membuka kemungkinan-kemungkinan sinergi dengan program lainnya dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata dan perekonomian masyarakat desa yang berada dalam kawasan hutan sekaligus komitmen untuk menjaga kelestarian hutan. 
 
“Ini merupakan komitmen kita dalam pengembangan pariwisata dan budaya sekaligus membuka kemungkinan kemungkinan sinergi dengan program lainnya dalam rangka meningkatkan kunjungan wisata dan perekonomian masyarakat desa yang berada dalam kawasan hutan sekaligus komitmen untuk menjaga kelestarian hutan,” tegas Bupati.
 
Sementara itu, Asisten II Bidang Perkonomian dan Pembangunan Azwan menambahkan, selain tujuan tersebut diatas acara ini juga untuk upaya dalam rangka menguatkan dan mempromosikan destinasi wisata yg ada di kab kampar di luar daerah serta sekaligus utk mengenalkan kab kampar secara nasional maupun internasional.
 
“Program Berkunjung ke Rumah Sendiri (Visiting Our Own Home), adalah sebuah program yang berangkat dari gagasan tentang pembangunan jaringan festival berbasis masyarakat yang mengerucut menjadi sebuah pertemuan dan lokakarya di Lembah Harau, Sumatera Barat pada tahun 2018,” ucap Azwan
.
Kadis Pariwisatan dan Kebudayaan Ir. Zulia Dharma di sisi lain mengatakan, bahwa Pertemuan dan lokakarya yang terselenggara atas dukungan Yayasan Umar Kayam dan Koalisi Seni Indonesia (KSI) tersebut, dihadiri dan turut diinisiasi oleh 7 festival, yakni: (1) Festival Panen Kopi Gayo; (2) Tao Silalahi Arts Festival; (3) Festival Rimbang Baling; (4) Legusa Festival, (5) Layang Lakbok Festival; (6) Festival Nubun Tawa; dan (7) Pasa Harau Art & Culture Festival sebagai tuan tumah.
 
"Beberapa gagasan penting yang mengemuka dalam pertemuan dan lokakarya tersebut antara lain adalah perihal pentingnya jaringan sebagai wahana pertukaran pengetahuan dan pengalaman bagi festival-festival berbasis masyarakat, dalam upaya mengembangkan dan memperluas ekosistem budaya masing-masing. Mengemuka pula perihal pentingnya peran serta Pemerintah Daerah, Pemerintah Desa, serta Komunitas Adat dan tradisi beragama di daerah," tutupnya.(bakar/rls)

Berita Lainnya

Index