Pos Bakumadin Siak Buka Pelatihan Paralegal

Dibaca: 792 kali  Sabtu,14 Maret 2020 | 09:48:00 WIB

Pos Bakumadin Siak Buka Pelatihan Paralegal
Ket Foto : Ketua Panitia, Fika Candra Arfiani

PEKANBARU-Kabar gembira bagi masyarakat Provinsi Riau yang ingin dan tertarik membantu masyarakat di bidang hukum, Pos Bantuan Hukum Advokat Indonesia (POSBAKUMADIN) Siak membuka pelatihan menjadi paralegal. Posbakumadin menjamin setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mendapatkan keterampilan mengadvokasi masyarakat secara nonlitigasi.
 
Demikian disampaikan Ketua Panitia Kegiatan Paralegal Fika Candra Arfiani kepada wartawan Sabtu, 14 Maret 2020. Dikatakannya, pelatihan ini akan digelar selama 2 hari, mulai 10 Maret-11 Maret 2020 dan terbuka untuk umum dengan persyaratan pendidikan minimal SMA atau sedang menjalani perkuliahan di perguruan tinggi baik berlatar belakang hukum atau non hukum.
 
"Persyaratannya gampang, cukup melampirkan KTP atau KTM yang masih berlaku serta mengisi formulir yang disiapkan oleh panitia. Dengan ini sudah bisa mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikat sebagai seorang Paralegal," jelasnya.
 
Lebih lanjut Fika menjelaskan sejumlah manfaat mengikuti pelatihan paralegal Posbakumadin Siak, diantaranya berhak mendampingi masyarakat yang terlibat permasalahan hukum baik pidana maupun perdata secara nonlitigasi.  
 
"Setiap paralegal nanti akan kami bekali dengan kartu anggota yang sudah kita registrasikan ke Kantor Kemenkum HAM Provinsi Riau. Jadi, sudah tidak perlu diragukan lagi untuk berjalankan aktivitasnya di lapangan," cetus 
 
Sementara Sekretaris Posbakumadin Siak, Bayu Syahputra SH menyampaikan kegiatan ini lebih kepada membentuk pengacara masyarakat yang memiliki keterampilan hukum dan bersertifikat paralegal. 
 
"Fakta yang terjadi saat ini di tengah masyarakat adalah banyak yang enggan meminta bantuan hukum ketika bermasalah dengan hukum. Hal ini tidak lain disebabkan oleh faktor biaya dan ketidaktahuan masyarakat tentang hukum. Oleh sebab itu, Paralegal lah ujung tombak terdepan dalam mengedukasi masyarakat tentang layanan bantuan hukum gratis yang diberikan oleh Posbakumadin," ujarnya. 
 
Info dan pendaftaran bisa menghubungi hotline Dani 0823 9200 5859 (Hendra)
 
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com