Ada Indikasi Kecurangan PSU Rohul, Hulubalang Nogori Lapor ke Bawaslu

Dibaca: 831 kali  Kamis,15 April 2021 | 02:57:00 WIB

Ada Indikasi Kecurangan PSU Rohul, Hulubalang Nogori Lapor ke Bawaslu
Ket Foto : Panglima Hulu Balang Nogori Rokan Hulu, Alirman saat melaporkan dugaan tindakan kecurangan PSU ke Bawaslu Rohul , Kamis 21 April 2021

PASIRPENGARAIAN-Bocornya dokumen internal PT Torganda di media sosial perihal pengumpulan identitas karyawan membuat heboh di Rokan Hulu. Apalagi menjelang pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) pada 21 April 2021 mendatang menambah kisruh suasana. Menyikapi hal ini Hulubalang Nogori Rohul melaporkan aksi curang perusahaan ini ke Bawaslu Rohul dengan membawa serta sejumlah bukti.
 
Panglimo Hulabalang Nogori Rohul Alirman beserta jajarannya mendatangi Kantor Bawaslu Rohul, Kamis 15 April 2021.Dijelaskan Alirman ada beberapa hal yang menjadi laporan ke Bawaslu Rohul. Pertama, perusahaan dengan sengaja melakukan tindakan intimidasi dengan menarik identitas dan membuat pengarahan dalam penentuan pilihan masyarakat yang seharusnya tidak boleh diganggu sedikit pun.
 
Kedua, lanjut Alirman adanya indikasi pengambilan identitas warga secara paksa, membuat posisi masyarakat tidak bisa bebas menentukan pilihan sebagaimana yang dijamin oleh undang-undang. Ketiga, telah terjadi proses mengangkangi demokrasi pada PSU di Rokan Hulu yang dilakukan oleh PT. Torganda. Dan keempat ada indikasi kuat di lapangan, adanya prkatik curang yang dilakukan oleh perusahaan dalam memenangkan salah satu pasangan calon.
 
"Untuk itu secara dini kami mengingatkan kepada Bawaslu Rohul selaku bagian dari Gakkumdu Pilkada Rohul untuk segera menindaklanjuti laporan ini. Sebab, kita mengingingkan PSU ini betul-betul bersih tanpa ada intimidasi dari pada pihak mana pun. Apalagi ini adalah amanah undang-undang yang direpresentasikan melalui putusan Mahkamah Konstitusi," tegas Alirman.
 
Secara resmi lapoan dugaan pelanggaran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu tahun 2020 telah dilaporkan pada Kamis 15 April 2021 dengan No laporan 05/PL/PB/Kab/04.09/IV/2021, diterima oleh petugas Bawaslu Rohul Rival Nopiri.(sal)
Akses JurnalMadani.com Via Mobile m.JurnalMadani.com