Pemkab Pelalawan Teken MoU dengan Unilak Guna Tingkatkan SDM

Pemkab Pelalawan Teken MoU dengan Unilak Guna Tingkatkan SDM
Penandatanganan MoU
PEKANBARU - Universitas Lancang Kuning Pekanbaru (Unilak) Pekanbaru, menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan.
 
Kerja sama ini terkait peningkatan sumberdaya manusia (SDM) dan kesejahteraan masyarakat. Dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Rektor Unilak Dr Junaidi dan Bupati Zukri Mirsan.
 
Turut hadir menyaksikan penandatanganan MoU itu, Sekretaris Daerah H Tengku Muklis, Kabag Protokol dan Humas, dan pejabat lainnya. Senin (23/05/2022).
 
Kepada Bupati Pelalawan, Dr Junaidi menegaskan, pihaknya siap membantu peningkatan sumber daya manusia dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Pelalawan. Program tersebut dalam rangka mendukung program kerja dan visi misi Bupati.
 
"Beberapa tawaran yang diberikan Unilak kepada Pemkab pelalawan di antaranya program pengabdian kepada masyarakat, fasilitasi kepala desa, ASN, dan masyarakat untuk kuliah," ungkapnya.
 
Dibeberkan Dr Junaidi, bahwa saat ini berapa anak-anak dari Kabupaten Pelalawan juga telah mendapatkan beasiswa di Unilak.
 
"Kami memandang kepala desa memiliki peran strategis dalam pembangunan karena ujung tombak pemerintah, baik pemda maupun pusat. Peran kepala desa yang besar tentu harus ditunjang dengan pengetahuan dan kemampuan dalam menjalankan aktifitas pemerintaham desa," katanya.
 
"Kami menawarkan kepala desa yang belum sarjana untuk dapat melanjutkan pendidikan S1. Bagi mereka yang telah sarjana dapat melanjutkan studi S2," imbuhnya.
 
Dengan peningkatan manajemen desa, Rektor menjelaskan, bahwa pengetahuan di bidang pemerintahan, hukum, sosial, dan ekonomi, tentu akan menunjang dan menambah kemampuan dari perangkat desa.
 
"Tidak hanya kepala desa namun juga ASN Pelalawan, bisa juga guru guru di Pelalawan," ucap Junaidi.
 
Di pertemuan itu, Rektor Unilak mengucapkan terima kasih kepada Bupati Pelalawan yang telah memberikan kesempatan untuk menjalin MoU yang telah dinantikan oleh jajaran Unilak.
 
"Pak Bupati masih mudah energik. Kami mendoakan beliau tetap sehat dan suskes menjadi pemimpin," sebut Junaidi.
 
Sementara itu, Bupati Zukri memberi apresiasi terkait usulan memfasilitasi perangkat desa, ASN, dan guru untuk peningkatan akademik. Hal itu lantaran sejalan dengan visi Pemkab Pelalawan.
 
"Saya sangat tertarik dengan prodi bisnis digital di Unilak. Saya pikir Unilak sangat cepat berproses menangkap peluang itu. Karena Prodi ini saya pikir bagus dan menjadi incaran banyak orang, karena kita sudah beralih dari konvensional ke digital," ujar Zukri Misran.
 
Bupati Pelalawan juga menyampaikan program kerja Pemkab Pelalawan. Dijelaskan dia, Pemkab Pelalawan berkomitmen untuk peningkatan pendidikan, SDM, dan kesejahteraan.
 
"Beasiswa yang tadi untuk S1 kini telah kami lakukan untuk S2- doktor. Ini telah menjadi program dalam visi misi kami saat memimpin Pelalawan," jelasnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index