UIR Tuan Rumah Kegiatan Penyamaan Persepsi dan Tes Calon Asesor BKD 2022

UIR Tuan Rumah Kegiatan Penyamaan Persepsi dan Tes Calon Asesor BKD 2022
Kegiatan Persamaan Persepsi dan Tes Seleksi Calon Asesor Beban Kerja Dosen (BKD) Tahun 2022 di UIR

PEKANBARU - Universitas Islam Riau (UIR) menggelar kegiatan Persamaan Persepsi dan Tes Seleksi Calon Asesor Beban Kerja Dosen (BKD) Tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan pada Kamis (28/7/2022) kemarin itu, dilaksanakan secara hybrid melalui aplikasi zoom meeting serta secara luring di Ruang Sidang Lantai 2 Gedung Rektorat UIR.

Kegiatan tersebut merupakan inisiatif dari UIR sebagai salah satu perguruan tinggi di LLDIKTI Wilayah X. Menghadirkan instruktur dari Kemendikbud Ristek, dilaksanakan selama satu hari secara daring.

Sebanyak 110 peserta yang merupakan calon dosen asesor, terdiri dari beberapa perguruan tinggi swasta di LLDIKTI Wilayah X dilibatkan pada program ini.

Perguruan yang mengikuti kegiatan ini adalah,  UIR, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Pasir Pengaraian, Universitas Hang Tuah Riau, dan beberapa universitas lainnya.

Ketua Pelaksana Dr H Syafhendry MSi dalam sambutannya menyampaikan, terkait jumlah peserta yang mengikuti seleksi calon asesor dan bagaimana sistematis penilaian dan rangkaian kegiatan.

"Pada kegiatan hari ini ada sekitar 110 peserta yang terdiri dari dosen-dosen dari perguruan tinggi, yaitu sebagai tuan rumah UIR mengirimkan 94 dosen, UMRI 11 orang, UPP 3 orang, Universitas Hang Tuah 4 orang," kata Syafhendry.

"Adapun tes yang dilakukan akan berlangsung selama satu hari saja. Lalu akan diadakan kegiatan tes kompetensi, dan tes keterampilan calon asesor. Bagi peserta yang lulus tentunya akan mendapatkan sertifikat kompetensi dari Kemendikbud Ristekdikti, mengingat UNP sangat kekurangan asesor BKD," ujarnya.

Sementara, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL pada sambutannya mengatakan, kegiatan penyamaan persepsi dan seleksi asesor BKD 2022 kali ini tidak hanya diikuti oleh UIR saja. Tetapi juga diikuti oleh perguruan tinggi yang masuk ke dalam ruang lingkup APTISI Wilayah X-B.

"Kami harapkan semoga semua calon asesor yang mengikuti tes seleksi bisa lolos semua. Sehingga kedepannya dapat membantu tugas dari DIKTI untuk sumbangsih meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia," sebut Syafrinaldi.

Dalam kegiatan penyamaan persepsi dan tes calon asesor ini, menghadirkan narasumber pusat yaitu, Iwan Winardi yang memaparkan terkait Arah Kebijakan BKD 2022.

Kemudian, Prof Zainal Arief menjelaskan tentang Matrik Pedoman Operasional BKD Tahun 2022 dan Mahendra Pratama Aplikasi Sister BKD.

Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan tes kompetensi dan tes keterampilan yang dilakukan tim dari Kemendikbud Ristek RI kepada dosen-dosen yang merupakan calon asesor BKD 2022. (mcr)

Berita Lainnya

Index