Dua Pemain Keturunan Indonesia Dipanggil Timnas Belanda U-19

Dua Pemain Keturunan Indonesia Dipanggil Timnas Belanda U-19
Pemain keturunan Indonesia, Tristan Gooijer (Foto: Istimewa)

AMSTERDAM – Sebanyak dua pemain keturunan Indonesia mendapatkan panggilan ke Timnas Belanda U-19. Netizen Tanah Air lantas menyayangkan bergabungnya sang pemain muda ke Jong Oranje.

Mereka yang dipanggil ke Belanda U-19 adalah Tristan Gooijer dan Miliano Jonathans. Informasi itu diketahui dari laman Instagram @footballtalentnesia.

“Panggilan untuk nama yang tidak asing. @tristangooijer dan @milianojonathans ke Oranje U-19,” bunyi pernyataan dari akun tersebut pada Minggu (4/9/2022).

“Nama tersebut diprediksi masuk dalam daftar kandidat Timnas Indonesia U-19. Mungkin (mereka) tidak lagi tersedia karena telah mendapatkan panggilan dari Oranje U-19,” sambungnya kemudian.

Sebagai informasi, Tristan Gooijer merupakan pemain berdarah keturunan Maluku yang tengah memperkuat Ajax Amsterdam U-21. Adapun Miliano Jonathans tengah tergabung bersama Vitesse.

Dipanggilnya kedua pemain keturunan Indonesia itu tentu menjadi kerugian tersendiri bagi Timnas Indonesia U-19. Terlebih lagi, pelatih Shin Tae-yong ingin memboyong beberapa pemain keturunan untuk dinaturalisasi menjadi WNI.

Netizen pun memberikan tanggapan negatif terkait kabar tersebut. Mereka menyayangkan dipanggilnya dua pemain keturunan Indonesia itu ke Timnas Belanda U-19. Netizen lantas mencap PSSI lelet dalam bergerak merayu para pemain muda di Eropa.

“PSSI lelet. KNVB gerak cepat memanggil setiap pemain keturunan yang potensial dinaturalisasi Indonesia,” ujar salah satu netizen @citraaa140 pada kolom komentar unggahan akun tersebut.

“Yah ketikung sama yang lebih baik dong,” tambah netizen lain @anggawahyusetyawan.

Baru-baru ini, PSSI juga kecolongan usai pemain keturunan Indonesia lainnya, Mees Hilgers, mendapatkan panggilan ke Timnas Belanda U-21. Federasi pun diharapkan bergerak cepat mengamankan tujuh pemain incaran Shin Tae-yong untuk dinaturalisasi demi tampil di Piala Dunia U-20 2023. (*)

Berita Lainnya

Index