Tol Pekanbaru - Bangkinang Segera Uji Coba

Tol Pekanbaru - Bangkinang Segera Uji Coba
Pj Bupati Kampar, Kamsol

PEKANBARU - Penjabat (Pj) Bupati Kampar, Kamsol menyambut baik rencana Jalan Tol Trans Sumatera (JJTS) ruas Pekanbaru-Padang pada seksi Pekanbaru-Bangkinang yang rencananya akan segera lakukan uji coba pada Kamis (27/10/22) mendatang.

Kamsol mengungkapkan, pada hari Rabu (26/10/22), PT Hutama Karya akan mengadakan sosialisasi dalam rangka pembukaan jalan tol tersebut.

"Jadi akan secara resmi tanggal 27 pagi jam 07.00 WIB akan dibuka jalan tol (ruas Pekanbaru-Bangkinang). Berlaku free (gratis) untuk seluruh masyarakat dalam rangka uji coba," ujarnya, di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Senin (24/10/22).

Kamsol menerangkan, kemungkinan uji coba tol ini akan diselenggarakan dalam waktu dua atau tiga minggu ke depan secara gratis, selanjutnya akan dilakukan sistem berbayar.

Dia menjelaskan, untuk tarif tol Pekanbaru-Bangkinang ini perkilometernya sekitar Rp 1000. Sedangkan panjang tol tersebut sekitar 31 kilometer.

"Tol Pekanbaru - Bangkinang ada sekitar 31 kilo, tambah pajak mungkin sekitar Rp 35.000an lah yang kita bayarkan untuk memasuki tol. Itu berlaku setelah uji coba ini," ungkapnya.

Pj Bupati Kampar melanjutkan, untuk seksi tol Bangkinang-Pangkalan masih proses pengerjaan, karena itu masih ada status hutan yang belum diselesaikan ganti ruginya.

Untuk itu ia mengharapkan, segala permasalahan tol Bangkinang-Pangkalan dapat selesai dalam waktu dekat.

"Jadi tol Pekanbaru-Bangkinang (beroperasi), Bangkinang-Pangkalan semoga cepat selesai. Tinggal kita menunggu dari Sumbar saja," ungkapnya.

Kamsol mengaku belum mendapatkan informasi kapan tol seksi Pekanbaru - Bangkinang tersebut diresmikan. Namun sebutnya, yang jelas tol itu sudah bisa dioperasionalkan saja sudah sangat bersyukur.

"Dengan harapan nanti pada pembukaan jalan tol, pak gubernur, bersama Forkopimda provinsi dan kita masyarakat pun bisa memanfaatkan dalam uji coba dua sampai tiga minggu ke depan," tutupnya. (mcr)

Berita Lainnya

Index