Profil Timnas Qatar di Piala Dunia 2022: Pembuktian Tuan Rumah

Profil Timnas Qatar di Piala Dunia 2022: Pembuktian Tuan Rumah
Timnas Qatar akan tampil di Piala Dunia 2022 sebagai debutan (Foto: Instagram/@qfa)

TIMNAS QATAR akan tampil di Piala Dunia 2022 sebagai debutan. Kebetulan, debut mereka terjadi ketika menjadi tuan rumah. Kendati tampil sebagai debutan, The Maroon langsung menjadi unggulan lantaran status tuan rumah Piala Dunia 2022. Berikut profil Timnas Qatar.

Di Asia, Qatar bukanlah negara sepak bola. Mereka masih kalah dibandingkan dengan Arab Saudi, Jepang, Korea Selatan, atau bahkan Iran. Namun, keseriusan Qatar membangun sepak bola patut diacungi jempol.

Bermodal setumpuk uang dari hasil bumi berupa energi (minyak bumi), Qatar membangun Aspire Academy. Akademi sepak bola ini punya fasilitas kelas dunia yang bisa bersaing dengan negara-negara Eropa seperti Jerman.

Hasilnya sudah terlihat pada Piala Asia 2019. Qatar tampil sebagai juara Piala Asia untuk pertama kali. Kebetulan, kala itu mereka juga bertindak sebagai tuan rumah. Tentu, level Piala Asia dengan Piala Dunia jauh berbeda.

Tampil sebagai tuan rumah, Qatar dihadapkan pada tugas berat. Sebab, hanya sekali saja tuan rumah Piala Dunia gagal lolos dari fase grup pada 21 edisi sebelumnya. Satu-satunya yang gagal hanya Timnas Afrika Selatan pada 2010.

Melihat peta kekuatan di Grup A, Qatar tampaknya harus berjuang keras. Sebab, ada Timnas Belanda yang lebih diunggulkan. Belum lagi, ada Timnas Senegal yang merupakan langganan dari Afrika, serta Timnas Ekuador sang kuda hitam Amerika Selatan.

Tantangan kini berada di tangan Felix Sanchez selaku pelatih. Pria asal Spanyol itu diharapkan mampu membawa tuan rumah mengikuti jejak 20 negara lain.

Pemain Bintang

Ketajaman Almoez Ali akan menjadi tumpuan utama Qatar di Piala Dunia 2022. Pemain berusia 26 tahun itu punya catatan 39 gol dari 76 penampilan di semua kompetisi. Striker Al-Duhail itu sangat diandalkan sebagai sumber gol.

Kiprahnya sungguh dinanti pada putaran final Piala Dunia 2022. Tentu, Felix Sanchez wajib meramu taktik yang dapat memungkinkan keran gol Ali lancar.

Prediksi dan Analisis Grup A

Bertindak sebagai tuan rumah, Qatar tentu diunggulkan untuk lolos ke babak berikutnya. Namun, mereka harus bisa bersaing dengan Senegal dan Ekuador sebagai pendamping Belanda. Kebetulan, Qatar sedikit diuntungkan dengan jadwal.

Mereka akan berhadapan dengan Ekuador di laga pertama, kemudian Senegal, dan terakhir Belanda. Laga perdana melawan Ekuador akan berperan krusial. Jika menang, maka kans lolos akan terbuka lebar.

Prestasi Timnas Qatar

Julukan: The Maroon
Konfederasi: Asian Football Confederation (AFC)
Pelatih: Felix Sanchez
Top Skorer: Mansour Muftah (42 gol)
Peringkat FIFA: 50 (per Oktober 2022)
Partisipasi Piala Dunia: -
Prestasi Terbaik: -
Penampilan di 5 Piala Dunia Terakhir: - 

Berita Lainnya

Index