4 Stadion Terbaik Indonesia, Nomor 1 Paling Legendaris

4 Stadion Terbaik Indonesia, Nomor 1 Paling Legendaris
Stadion Utama Gelora Bung Karno (Foto: love_GBK)

JAKARTA - Sebagai pecinta sepak bola, tentunya ingin mengetahui stadion terbaik Indonesia, bukan? Pada artikel kali ini, kami akan uraikan 4 stadion terbaik yang dimiliki Indonesia.

Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang diminati oleh banyak masyarakat. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa klub sepak bola. Untuk melakukan pertandingan, salah satu faktor utama yang harus dimiliki ialah stadion tempat untuk melakukan pertandingan tersebut.

Di Indonesia sudah banyak sekali stadion-stadion yang dibangun dengan sedemikian rupa, guna untuk memenuhi faktor-faktor yang harus ada jikalau ingin melakukan pertandingan sepak bola.

Biasanya, stadion-stadion yang terkenal bagus dan mampu menampung banyak penonton berada di negara-negara Eropa maupun luar negeri. Akan tetapi, tidak dapat dipungkiri bahwa di Indonesia pun terdapat cukup banyak stadion-stadion yang bagus dan merupakan stadion terbaik di negeri ini.

Berdasarkan beberapa sumber, (Kamis, 27/10/2022) tim Sportstars.id sudah merangkum stadion terbaik Indonesia.

Stadion Terbaik Indonesia. Berikut adalah daftar 4 stadion terbaik yang dimiliki Indonesia, antara lain :

1. Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta

Stadion Gelora Bung Karno merupakan stadion serbaguna yang berada di kawasan Jakarta, Indonesia. Stadion yang dibangun pada tahun 1960 ketika Bung Karno masih menjabat menjadi Presiden Republik Indonesia ini merupakan markas PSSI.

Stadion ini sempat direnovasi besar-besaran, yang mana sebelum direnovasi, stadion ini mampu menampung 110.000 penonton, akan tetapi ketika sudah direnovasi hanya mampu menampung 88.083 penonton saja.

Stadion ini pernah dijadikan tempat ketika Indonesia menjadi tuan rumah Pesta Olahraga Asia 1962 dan 2018,  Pesta Olahraga Difabel Asia 2018, Tur Pra-musim Asia A.S. Roma 2015, dan masih banyak lagi pertandingan-pertandingan bergengsi yang dilakukan di stadion ini.

2. Stadion Manahan, Solo

Stadion Manahan merupakan stadion sepak bola yang berada di Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia. Stadion ini memiliki kapasitas menampung 25.000 penonton dan merupakan markas dari klub sepak bola Persis Solo. Stadion ini juga digunakan oleh Timnas untuk pertandingan taraf Internasional.

Stadion ini merupakan stadion Indonesia pertama yang menjadi tuan rumah ajang olahraga difabel Asia Tenggara ASEAN Para Games tahun 2011. Stadion ini diresmikan pada tahun 1998 oleh Presiden RI, Soeharto.

Stadion ini sempat direnovasi pada tahun 2008. Biaya yang dikeluarkan untuk merenovasi stadion tersebut sebesar 1,6 miliar rupiah, renovasi tersebut dengan alasan ingin menghilangkan image negatif yang dimiliki oleh stadion ini, yaitu langganan banjir.

3. Stadion Utama Riau

Stadion Utama merupakan stadion serbaguna yang berada di Pekanbaru, Riau, Indonesia. Stadion ini pertama kali dibangun pada tahun 2009, dengan daya tampung 44.000 penonton.

Tujuan dibangunnya Stadion Utama adalah sebagai tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-18 pada tahun 2012. Dibangunnya stadion ini menguras biaya sebanyak 1,8 Triliun. Stadion ini juga pernah masuk ke dalam nominasi stadion terbaik di dunia stadiumdb.com pada 2012.

4. Stadion Utama Palaran, Samarinda

Stadion Utama Palaran merupakan stadion serbaguna yang berada di Samarinda, Kalimantan Timur. Stadion ini dibuka pada tahun 2008 dengan kapasitas menampung sebanyak 35.000 penonton.

Stadion ini dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XVII. pembangunan stadion ini menghabiskan biaya sebesar 800 miliar rupiah.

Stadion ini dijadikan tempat diselenggarakannya babak final dan 8 besar Divisi Utama Liga Indonesia 2008, juga dipakai oleh Klub Putra Samarinda pada Putaran ke 2 Indonesia Super League 2014, Menjadi tuan rumah perhelatan Piala Gubernur Kaltim (PGK) II 2018, dan masih banyak lagi pertandingan yang dilakukan di stadion ini.

Seperti itulah uraian mengenai stadion terbaik Indonesia. Selain ke-4 stadion tersebut, masih banyak sekali stadion-stadion yang bagus dan masuk ke dalam kategori terbaik di Indonesia. (Rizke Robiatul Alawiah)

Berita Lainnya

Index