Piala Dunia 2022: Positif Narkoba, Pemain Ini Dicoret dari Skuad Timnas Arab Saudi

Piala Dunia 2022: Positif Narkoba, Pemain Ini Dicoret dari Skuad Timnas Arab Saudi
Fahad al-Muwallad dicoret dari Skuad Timnas Arab Saudi untuk Piala Dunia 2022 (Foto: Doha News)

JEDDAH - Nama Fahad al-Muwallad dicoret dari Skuad Timnas Arab Saudi untuk Piala Dunia 2022. Pelatih Timnas Arab Saudi, Herve Renard mengambil keputusan tegas setelah sang pemain diketahui positif menggunakan narkoba.

Dilansir dari laman Doha News, Senin (14/11/2022), Fahad al-Muwallad dikeluarkan dari pasukan Arab Saudi sebagai tindakan pencegahan yang tidak diinginkan. Sebab, ia terjerumus kasus narkoba beberapa bulan lalu.

“Setelah meninjau perkembangan terbaru dalam banding WADA dan mengikuti konsultasi dengan pengacara Saudi, pelatih Herve Renard telah memutuskan untuk mengecualikan Al-Muwallad sebagai tindakan pencegahan,” kata sebuah pernyataan dari saluran media sosial tim, dilansir dari Doha News.

Tepatnya, pemain berusia 28 tahun yang bermain untuk klub Saudi, Al-Shabab itu dinyatakan positif pada Februari menggunakan obat terlarang furosemide. Sebab itu, Al-Muwallad dilarang selama 18 bulan oleh otoritas anti-doping Saudi sejak Furosemide digunakan sebagai agen penutup untuk mencegah deteksi steroid anabolik.

Sementara itu, Badan Anti-Doping Dunia mengkonfirmasi pada Minggu bahwa pihaknya telah ikut campur sebelum skuad Saudi dipilih. Adapun, lelatih Renard telah memanggil Nawaf al-Abed yang berusia 32 tahun untuk menggantikan Al-Muwallad.

"WADA telah mengajukan banding atas kasus tersebut ke CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga) untuk mencari jangka waktu yang lebih lama untuk tidak memenuhi syarat," kata badan tersebut dalam sebuah pernyataan.

Sebagai catatan, Arab Saudi sendiri berada di Grup C pada gelaran Piala Dunia 2022 kali ini. Mereka berada satu grup bersama Argentina, Meksiko dan Polandia. (*)

Berita Lainnya

Index