Tidak Ada Italia, Gianluigi Buffon Jagokan Kamerun di Piala Dunia 2022

Tidak Ada Italia, Gianluigi Buffon Jagokan Kamerun di Piala Dunia 2022
Gianluigi Buffon saat membawa Italia juara Piala Dunia 2006 (Sumber: Instagram)

PARMA – Gianluigi Buffon sadar tak ada Italia di Piala Dunia 2022 nanti. Oleh karena itu, kiper legendaris Italia itu mengganti tim jagoannya pada Piala Dunia 2022.

Menariknya, Buffon tak memilih tim yang biasanya diunggulkan banyak orang. Eks kiper Juventus lebih memilih menjagokan Kamerun di Piala Dunia 2022.

Buffon, merupakan juara Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia. Akan tetapi, dalam dua edisi terakhir dia harus gigit jari tak menyaksikan negaranya mentas di turnamen empat tahunan itu karena Gli Azzurri –julukan Italia- tak lolos dari babak kualifikasi.

Kendati demikian, penjaga gawang berusia 45 tahun itu tetap punya negara yang akan didukung di Piala Dunia Qatar 2022 nanti. Selain para negara unggulan, dia biasanya senang untuk menonton tim yang dihuni oleh rekan klubnya sendiri.

Akan tetapi, ada satu negara yang secara spesial selalu didukung oleh penjaga gawang Parma itu, yakni Kamerun. Alasannya Buffon merasa Kamerun selalu punya tempat spesial di hatinya.

“Seperti biasa, ketika Italia tidak ada, saya mencoba mengikuti negara di mana rekan setim atau teman klub saya bermain, atau mereka yang secara tradisional diunggulkan,” kata Buffon dilansir dari Football Italia, Selasa (15/11/2022).

“Tapi dalam hal ini, negara yang selalu saya dukung adalah Kamerun. Mereka memiliki tempat khusus di hati saya,” tambahnya.

Buffon memang punya hubungan spesial dengan Timnas Kamerun. Pasalnya, dia memutuskan untuk berkarier menjadi penjaga gawang setelah menonton mereka tampil di Piala Dunia 1990 dan terinspirasi dari sang kiper, Thomas N’Kono.

Bahkan, Buffon menamai anaknya dengan nama Thomas. Itu ditujukan sebagai rasa hormat dan terima kasihnya kepada N’Kono.

Sebagai informasi, Kamerun berada di Grup G Piala Dunia 2022 bersama Swiss, Serbia dan Brasil. Dengan berkekuatan para pemain bintang yang punya pengalaman mentas di Eropa seperti Andre Onana, Andre-Frank Zambo Anguissa, Eric Maxim Choupo-Moting, Vincent Aboubakar dan Karl Toko Ekambi serta beberapa nama lainnya, bisa dibilang mereka merupakan tim kuda hitam. (*)

Berita Lainnya

Index