Siap Debut di Piala Dunia, Qatar Pernah Dikalahkan Timnas Indonesia

Siap Debut di Piala Dunia, Qatar Pernah Dikalahkan Timnas Indonesia
Timnas Indonesia mengalahkan Qatar di Piala Asia 2004 (Foto: AFC)

DOHA – Timnas Qatar bakal menjalani debutnya di Piala Dunia. Usut punya usut, tim tersebut ternyata pernah dikalahkan oleh Timnas Indonesia di masa lalu.

Timnas Qatar berhak tampil di Piala Dunia 2022 berkat statusnya sebagai tuan rumah turnamen tersebut. Tim berjuluk The Maroon itu belum pernah tampil di putaran final Piala Dunia sebelumnya.

Dengan demikian, ini akan menjadi kali pertama Timnas Qatar berlaga di Piala Dunia. Momen ini pun tidak ingin mereka sia-siakan. Timnas Qatar tergabung di Grup A bersama Ekuador, Senegal, dan Belanda.

Upacara pembukaan Piala Dunia 2022 akan berlangsung Minggu (20/11/2022) pukul 21.00 WIB. Setelahnya, Timnas Qatar akan melakoni laga pembuka melawan Ekuador pada pukul 23.00 WIB. Kedua tim diyakini bakal tampil ngotot demi memetik kemenangan di laga nanti.

Usut punya usut, Timnas Qatar pernah dikalahkan Timnas Indonesia di masa lalu. Kedua tim tersebut telah beberapa kali bertemu di berbagai turnamen berbeda. Skuad Garuda kerap takluk dari Qatar.

Namun demikian, Timnas Indonesia pernah memberi kejutan dengan mengalahkan Qatar. Momen itu terjadi di putaran final Piala Asia 2004. Saat itu, Skuad Garuda menang dengan skor 2-1 atas Qatar.

Dua gol dari Timnas Indonesia dicetak oleh Budi Sudarsono dan Ponaryo Astaman. Sementara itu, gol dari tim lawan dicetak oleh Magid Mohamed. Sayangnya, Skuad Garuda gagal lolos ke babak gugur Piala Asia 2004 karena menelan hasil negatif melawan China dan Bahrain.

Terakhir kalinya Timnas Indonesia melawan Qatar pada tahun 2014. Saat itu, laga bertajuk uji coba itu berakhir imbang 2-2. Adapun sejumlah pemain yang tampil di laga tersebut bakal bermain di Piala Dunia 2022, seperti Hassan Al Haydos, Saad Al Sheeb, hingga Abdulaziz Hatem. Menarik untuk melihat kiprah Timnas Qatar di Piala Dunia 2022. (*)

Berita Lainnya

Index